9 Genre Musik Beserta Pengertianya Yang Perlu Anda Ketahui

9 Genre Musik Beserta Pengertianya Yang Perlu Anda Ketahui

Diswayjogja--Pinterest

DISWAYJOGJA.ID - Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, keromantisan terutama dari alat yang dapat menghasilkan irama.

 Musik adalah salah satu bentuk seni yang menggunakan suara, vokal, dan kesunyian sebagai mediumnya.Musik dapat berupa instrumental, vokal ataupun gabungan keduanya. Sehingga mendengarkan musik adalah suatu keasikan tersendiri bagi pendengarnya.

 Mendengarkan musik memang menjadi hiburan yang mengasyikkan bagi sebagian besar orang. Mendengarkan musik memang dapat membuat pikiran dan tubuh menjadi rileks dari segala penat yang ada. Bukan hanya sebagai hiburan, musik juga dinilai sebagai tempat pelarian yang positif untuk meluapkan emosi berdasarkan aliran-aliranya.

 Aliran tersebut tidak asing lagi disebut dengan genre musik. Dalam hal ini, memang setiap orang mempunyai selera musik yang berbeda-beda. Ada yang menyukai music jazz, country, atau ada juga yang gemar mendengarkan music pop hingga dangdut.

BACA JUGA:7 Pengertian Musik Menurut Para Ahli

 Berikut kami sajikan berbagai macam genre musik beserta pengertianya yang perlu diketahui:

1. Klasik

 Jenis-jenis musik yang pertama adalah musik klasik. Dikatakan bahwa jenis musik klasik ini mempunyai nilai seni yang tinggi. Musik klasik sendiri telah ada sejak lama, di mana memiliki karakteristik susunan not dan nada yang indah yang bisa memberikan decak kagum bagi para pendengarnya.

 Meskipun sudah ada sejak lama atau sekitar tahun 1700-an, musik klasik ini masih diminati hingga sekarang. Tidak heran jika banyak orang menyebut jenis musik ini sebagai musik sepanjang masa.

 Contoh musik klasik sendiri banyak ditemui dari karya-karya besar seperti Mozart yaitu Symphony No.40, Piano Sonata No.16 in C Major, Piano Concerto No.21 dan masih banyak lagi

 Selain itu, karya maestro Beethoven juga tidak kalah menakjubkan. Seperti Moonlight Sonata, Fur Elise, 6th Symphony dan sebagainya.

2. Jazz

 Jenis-jenis musik yang tidak kalah menarik berikutnya adalah musik jazz. Dalam sejarahnya, musik jazz berkembang di Amerika Serikat yaitu pada awal abad ke-20. Sebelum berkembang di negara Amerika, sebelumnya musik ini mendapatkan pengaruh dari musik Afrika dan Eropa.

 Dikatakan pula, musik jazz ini merupakan seni musik hasil penggabungan musik blues, ragtime, dan musik-musik band Eropa. Biasanya jenis musik ini dikenal memiliki nada yang ringan dan mampu memberikan kesan rileks bagi para pendengarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dunia musik