9 Manfaat Luar Biasa Bawang Putih untuk Kecantikan: Solusi Alami untuk Kulit dan Rambut yang Sehat

9 Manfaat Luar Biasa Bawang Putih untuk Kecantikan: Solusi Alami untuk Kulit dan Rambut yang Sehat

bawang putih--pixabay.com

DISWAY JOGJA - Memiliki kulit yang sehat dan cantik merupakan impian banyak orang. Beragam cara dan produk kecantikan pun digunakan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Namun, tidak sedikit yang masih mencari bahan alami yang terjangkau dan aman, salah satunya adalah bawang putih. Bawang putih ternyata memiliki manfaat yang luar biasa dalam merawat kecantikan.

1. Mengatasi Jerawat dan Mengurangi Peradangan

Salah satu manfaat bawang putih untuk kecantikan adalah dalam mengatasi jerawat. Bawang putih memiliki kandungan antioksidan dan antiseptik, yang ampuh dalam mengatasi bakteri penyebab jerawat. Cara menggunakannya pun cukup mudah, cukup dengan mengiris bawang putih dan mengoleskannya pada jerawat, biarkan selama beberapa menit sebelum membilas wajah dengan air bersih.

BACA JUGA:5 Manfaat Bawang Putih, Nomor 2 Bikin Kaget

2. Mencegah Penuaan Dini

Bawang putih juga kaya akan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini. Mengonsumsi bawang putih secara rutin dalam jumlah yang cukup akan membantu menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit, sehingga keriput dan garis halus lebih lama munculnya.

3. Menghilangkan Bekas Luka

Aktivitas antiseptik dari bawang putih bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka serta mengurangi tampilan bekas luka pada kulit. Oleskan pasta bawang putih pada bekas luka, sebelum tidur biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

4. Mengatasi Infeksi Jamur

Bawang putih mengandung zat allicin yang memiliki sifat antimikroba dan antifungus yang ampuh dalam mengatasi infeksi jamur pada kulit, seperti jamur kandidiasis maupun panu. Oleskan pasta bawang putih pada area yang terkena jamur, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

5. Mengontrol Produksi Minyak

Bawang putih juga bisa membantu mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit, karena kandungan antioksidan dan sifat antiseptiknya. Hal ini bisa sangat membantu bagi mereka yang memiliki kulit berminyak dan rentan terhadap jerawat. Oleskan pasta bawang putih pada wajah, biarkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air hangat dan sabun wajah.

6. Mengatasi Ketombe

Bukannya hanya untuk kulit, bawang putih juga berkhasiat bagi kesehatan rambut. Kandungan antifungus dan antiseptik dalam bawang putih dapat mengatasi ketombe. Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan pasta bawang putih dengan sampo dan memijatnya ke kulit kepala saat mencuci rambut. Bilas rambut dengan air bersih setelah beberapa menit.

7. Menyuburkan Rambut

Pemijatan pasta bawang putih pada kulit kepala juga diketahui dapat membantu menyuburkan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut baru berkat zat sulfur yang terdapat dalam bawang putih.

8. Merawat Kulit Sensitif

Dikarenakan sifat anti-peradangan bawang putih, ia mampu mengurangi kemerahan, iritasi, dan peradangan pada kulit sensitif. Penggunaannya untuk jenis kulit seperti ini harus dilakukan secara hati-hati dan dilarutkan dengan minyak zaitun atau minyak kelapa untuk mengurangi kadar iritasi.

9. Mencerahkan Kulit

Bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang bisa membantu membersihkan kulit, mengurangi noda hitam, dan mencerahkan kulit. Oleskan campuran pasta bawang putih dan madu pada wajah, biarkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Bawang putih adalah bahan alami yang multifungsi dan memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut. Namun, penggunaan bawang putih harus diawasi dan diuji dengan cara mencoba pada area yang kecil terlebih dahulu untuk menghindari iritasi atau reaksi yang tidak diinginkan. Jika iritasi atau reaksi alergi terjadi, hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter atau ahli kecantikan sebelum melanjutkan. Dengan penggunaan yang tepat dan aman, bawang putih bisa menjadi alternatif perawatan kecantikan yang efektif dan terjangkau.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: