Jangan Lupa Beli Oleh-Oleh Ini Jika Mampir Ke Tegal, Berikut 7 Rekomendasinya

Jangan Lupa Beli Oleh-Oleh Ini Jika Mampir Ke Tegal, Berikut 7 Rekomendasinya

teh dari poci terasa lebih enak, apalagi jika ditambahkan gula batu--

Disway Jogja - Tegal merupakan kota istimewa dengan banyak hal menarik di Jawa Tengah. Tak hanya ragam wisatanya, tentu saja sajian khas hingga oleh-oleh khas Tegal juga sangat unik dan menarik.

 

Itu sebabnya ketika Anda mengunjungi Kota Bahari, siapkan cadangan anggaran khusus untuk mencoba banyak hidangan lezat atau membawa pulang oleh-oleh dari Tegal, berikut saran oleh-oleh dari Tegal.

 

1. Keripik tahu

Jajanan ini biasanya dibuat dengan tahu kuning yang memiliki konsistensi kental sehingga tidak hancur saat dibuat menjadi keripik. Tentunya berkat rasanya yang asin dan teksturnya yang lembut, cocok sebagai camilan untuk segala suasana.

 

 

Dan yang lebih istimewa lagi, kripik ini tahan lama.  Jadi Anda bisa membawanya dalam perjalanan jauh. Makanya mau bawa tahu goreng ke kampung halaman? Harga mula dari i Rp 15.000 per paket.

 

 

2. Kacang Bogares

Cemilan khas Tegal-Jawa Tengah lainnya yang tak kalah terkenal adalah kacang bogares, berasal dari Desa Bogares, Kecamatan Pangkah, Tegal.

 

Kacang Bogares terbuat dari kacang tanah yang disangrai. Rasanya asin alami, asin dan sedikit manis, dengan aroma kacang yang khas. Sehingga mereka tertarik untuk membawa olahan kacang tanah khas Tegal ini ke kampung halamannya. Harga Sekitar Rp 45.000/1 kg.

 

 

3. krupuk Antor

Kerupuk Antor adalah salah satu makanan khas Tegal yang tidak boleh Anda lewatkan. Jenis biskuit khas Tegal ini terbuat dari adonan tepung yang dipanggang di pasir halus.

 

Olahan khas Tegal ini juga dikenal dengan sebutan Badeg di kalangan masyarakat Tegal. Biskuit Antor umumnya ada dua jenis yaitu krupuk warna-warni dan polos yang berwarna putih buram.

 

Kedua varian ini sama-sama enak, asin, dan memiliki rasa bawang yang khas. Dengan tekstur yang renyah dan rasa pedas yang kental menyelimuti setiap gigitan kue ini, Anda harus mencobanya.

 

Selain itu, jadikanlah sebagai oleh-oleh yang pasti akan mengingatkan kembali akan tajamnya liburan Anda di Tegal. Lokasi Pasar Trayman di Tegal, Alamat: Profesor Muhammad Yamin, Trayeman, Tegal dengan Harga 9.000-30.000 rupiah per paket.

 

 BACA JUGA:Kalian Berkunjung ke Tegal? Jangan Sampai Tidak Mampir ke Wisata Baharinya! Berikut 6 Daftar Tempatnya

 

4. Pilus Kletuk

Makanan yang cepat populer di kalangan masyarakat Indonesia dan sering dijadikan oleh-oleh saat pulang kampung adalah pilus kletuk. Pilus ini berbeda dengan pilus biasa yang berisi kacang di kulitnya.

 

Pilus adalah pasta tepung sederhana tanpa tambahan kacang yang lebih kecil. Khas Tegal, Jawa Tengah, oleh-oleh ini terbuat dari tepung terigu, kanji, kucai dan bumbu tambahan lainnya.

 

Rasanya asin alami dan konsistensinya cukup keras. Bahkan ketika pilus kletuk digoreng, warnanya putih kecoklatan. Pilus biasanya digunakan sebagai pendamping bakso atau pangsit. Tertarik untuk membawa pulang oleh-oleh khas Tegal ini?

 

5. Poci Tegal

Tak hanya kuliner yang dijadikan oleh-oleh, produk Tegal juga tak begitu menarik di mata wisatawan. Seperti Poci Tegal, produk ini terbilang unik dan menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara.

 

Biasanya masyarakat Tegal menggunakan teko ini untuk membuat secangkir teh. Namun, teh dari poci  terasa lebih enak, apalagi jika ditambahkan gula batu. Jadi jika Anda tertarik untuk membawa pulang teko Tegal sebagai oleh-oleh keluarga,

 

jangan lupa untuk menaruhnya dengan hati-hati karena teko ini terbuat dari tanah liat sehingga mudah pecah. Tertarik untuk membawa teko Tegal ke kampung halaman? Harga Sekitar Rp 80.000

 

 

 

6. Mug tanah liat

Selain teko, mug tanah liat juga sering dijadikan oleh-oleh dan cocok sebagai hadiah untuk orang tersayang. Bahan yang sama dengan teko yaitu tanah liat digunakan untuk membuat mug ini. Produk khas Tegal ini bisa Anda temukan dengan mudah di banyak toko oleh-oleh di kawasan Tegal dengan harga yang relatif terjangkau.

 

Beberapa wisatawan bahkan rela membeli mug spesial ini sebagai oleh-oleh karena tampilannya yang cantik dan cocok sebagai hiasan meja. Jadi berikan kejutan spesial untuk orang tersayang dengan membeli souvenir clay cup saat berkunjung ke Tegal.

Lokasi:Raja Suvenir

 

 

7. Teh khas Tegal

Tegal Kota Bahari dianggap sebagai salah satu penghasil teh terbaik di Indonesia. Bukan hanya karena rasa tehnya yang tidak diragukan lagi, tetapi juga karena aromanya yang khas, yang berulang kali membuat setiap penikmatnya terpesona.

 

Ada sekitar 4 pabrik teh terkenal di Tegal yaitu 2 Pabrik Teh Tang, Teh Tong Tiji, Teh Poci dan Teh Gopek. Oleh karena itu, saat berkunjung ke Tegal, tidak sah-sah saja jika tidak membeli oleh-oleh Teh Istimewa Tegal.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: