8 Oleh-oleh Khas Bandung yang Wajib Anda Bawa Pulang, Terkenal dan Legendaris!

8 Oleh-oleh Khas Bandung yang Wajib Anda Bawa Pulang, Terkenal dan Legendaris!

--

DISWAY JOGJA - Bandung adalah salah satu kota yang menjadi destinasi wisata favorit bagi masyarakat Indonesia. Terlebih, hal ini amat berlaku bagi masyarakat yang tinggal di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) mengingat jaraknya hanya sekitar 2 jam sampai 3 jam menggunakan mobil, kereta, atau bus.

Ada banyak alasan mengapa masyarakat Indonesia khususnya dari daerah-daerah yang sudah disebutkan tadi berkunjung ke Bandung. Salah satu alasan utama adalah banyaknya lokasi pariwisata yang bisa mereka kunjungi sesuai dengan minat dan dengan siapa mereka berkunjung.

Berikut adalah enam rekomendasi oleh-oleh khas Bandung yang dapat Anda pertimbangkan:

1. Kartika Sari Brownies

Kartika Sari adalah salah satu produsen kue terkenal di Bandung, terutama karena browniesnya yang lezat. Brownies cokelat klasik mereka menjadi oleh-oleh yang paling populer, namun ada juga varian lain seperti brownies keju, brownies kukus, dan brownies dengan berbagai rasa tambahan. Selain brownies, Anda juga dapat mencari berbagai kue dan roti lainnya di Kartika Sari.

2. Amanda Brownies

Amanda Brownies adalah toko kue lainnya yang juga terkenal dengan browniesnya yang lezat. Brownies Amanda memiliki tekstur yang lembut dan penuh cokelat. Selain itu, Amanda juga menawarkan berbagai kue kering dan kue basah lainnya sebagai pilihan oleh-oleh yang enak.

3. Pisang Molen Bu Eddy

Pisang Molen adalah makanan khas Bandung yang terbuat dari pisang yang diisi dengan adonan kacang hijau dan gula. Pisang Molen Bu Eddy adalah salah satu tempat terkenal di Bandung untuk membeli oleh-oleh pisang molen yang lezat dan berkualitas.

4. Tahu Susu Bandung

Tahu susu sebenarnya bukan hanya makanan khas Bandung saja. Beberapa daerah seperti Cihuni, Sumedang, atau bahkan daerah-daerah di luar Jawa Barat seperti Jombang dan Boyolali juga diketahui membuat tahu susu. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa tahu susu Bandung adalah yang paling populer di antara tahu susu lainnya.

Oleh-oleh yang satu ini biasanya akan dimasak dengan cara digoreng, dan nantinya akan memiliki tekstur krispi di luar namun lembut di dalam. Tetapi, tahu susu juga merupakan bahan masakan yang cukup fleksibel dan bisa juga dimasak dengan bahan-bahan atau metode lainnya.

5. Bolen Bumi Bandung

Bolen Bumi adalah kue pastel berlapis yang khas dari Bandung. Kue ini memiliki berbagai isi, seperti cokelat, kacang, keju, dan masih banyak lagi. Bolen Bumi Bandung menawarkan variasi rasa dan kemasan yang menarik sebagai oleh-oleh yang menarik.

6. Pueyuem

Kalau Anda suka memakan tapai pasti juga akan menyukai peuyeum Bandung. Konsep dari makanan ini dapat dikatakan sama dengan tapai pada umumnya, yaitu singkong difermentasi menggunakan ragi sampai singkong tersebut memproduksi alkohol, menandakan bahwa peuyeum sudah jadi.

Meskipun konsepnya sama, terdapat beberapa perbedaan yang bisa Grameds temukan antara peuyeum Bandung dan tapai singkong pada umumnya. Perbedaan-perbedaan ini di antaranya berupa rasa, tekstur, dan aroma dari kedua makanan fermentasi ini.

7. Batagor Riri

Batagor adalah singkatan dari "Bakso Tahu Goreng," makanan khas Bandung yang terdiri dari bakso ikan yang dimasak dengan tahu goreng dan disajikan dengan saus kacang. Batagor Riri adalah salah satu tempat paling populer di Bandung untuk menikmati hidangan ini dan menyediakan saus kacang yang lezat sebagai oleh-oleh.

8. Sale Pisang Aroma Bandung

Sale Pisang adalah camilan khas Bandung yang terbuat dari pisang yang diiris tipis-tipis, kemudian dikeringkan dan dilapisi dengan gula. Sale Pisang Aroma Bandung menyediakan berbagai varian sale pisang dengan rasa yang berbeda, seperti rasa original, cokelat, keju, dan lain-lain.

Pastikan untuk memeriksa ketentuan perjalanan Anda sebelum membeli oleh-oleh dari Bandung, terutama jika Anda berencana untuk membawa oleh-oleh dari kota tersebut ke luar kota atau ke luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: