Kamu Kesulitan Dalam Belajar? Coba 10 Cara Ini, dijamin Lebih Mudah Memahaminya!

Kamu Kesulitan Dalam Belajar? Coba 10 Cara Ini, dijamin Lebih Mudah Memahaminya!

Kesulitan belajar kerap terjadi oleh anak anak bahkan orang dewasa--

Disway Jogja - Setiap manusia terus belajar sebagai proses kehidupan, namun siswa di sekolah atau perguruan tinggi perlu mempelajari berbagai mata pelajaran untuk mendapatkan nilai pendidikan.

 

Seringkali anak terdidik mengalami kesulitan belajar dan hal ini mempengaruhi kemampuan mereka dalam mendidik. Artikel ini akan membahas tips belajar yang efektif agar siswa dapat mengingat pelajaran dan informasi dengan benar dan menggunakannya dalam situasi kehidupan yang berbeda.

 

Berikut beberapa cara agar belajarmu lebih effektif:

 

1 Terapkan gaya belajar yang berbeda

Menurut penelitian (Willis, J. 2008), pembelajaran dengan media yang berbeda dapat merangsang bagian otak yang berbeda. Semakin aktif wilayah otak, semakin kuat kemampuan untuk menyimpan dan memahami informasi. Anda dapat mempelajari subjek atau topik dengan banyak cara.

 

Misalnya, tidak hanya belajar dengan membaca buku, tetapi juga belajar melalui video, podcast, mengerjakan kuis, game, bertanya langsung dengan pakar di bidangnya, melakukan wawancara, dan lainnya.

 

2. Jangan belajar dengan hati

Sebagian besar siswa hanya bisa belajar menghafal yang kurang efektif, sehingga akan kesulitan jika soal diubah. Siswa harus belajar untuk memahami teori atau pengetahuan dengan cara yang praktis, sehingga mereka benar-benar menguasai mata pelajaran dan dapat menerapkan pengetahuan tersebut dengan benar.

 

Beberapa topik mungkin memerlukan keterampilan menghafal, tetapi kemampuan untuk memahami topik tersebut tetap penting. Satu penelitian membuktikan bahwa semakin keras Anda mencoba mengingat, semakin sulit bagi Anda untuk mengingatnya di masa depan.

 

3. Buat rencana belajar

Salah satu cara belajar yang efektif di rumah adalah dengan membuat rencana belajar. Apa yang ingin kamu pelajari hari ini? Buatlah daftar mata pelajaran yang ingin Anda pelajari atau jumlah halaman yang perlu Anda baca. Kerjakan pekerjaan rumah, proyek, atau tugas Anda satu per satu agar Anda tidak melupakannya.

 

 BACA JUGA:Kamu Pernah Ke Sawah? Pasti Gak Asing Dengan Tanaman Ini, Berikut 10 Manfaatnya Bagi Tubuh, Kamu Wajib Tau!

 

4. Luangkan waktu untuk istirahat

Terkadang waktu di sekolah atau kampus cukup lama untuk mengalihkan perhatian dan membuat Anda lelah. Jika Anda belajar di rumah, terapkan model belajar yang lebih santai. Anda bisa istirahat 10-15 menit setelah belajar selama 1 jam.

 

Waktu belajar yang singkat namun terus menerus akan membantu penyerapan informasi secara lebih efektif. Jika Anda belajar terus menerus selama 3-5 jam,

 

 

5. Buat kelompok belajar

Buatlah kelompok belajar untuk mendiskusikan bersama semua pelajaran yang diberikan oleh guru atau pembicara. Belajar bersama teman pasti akan lebih menyenangkan dan membuatmu lebih bersemangat. Pastikan semua orang dalam kelompok belajar ingin belajar bersama. Seringkali dalam kelompok belajar hanya sedikit siswa yang fokus belajar, dan ada juga yang tidak. Namun, kelompok belajar juga dapat melatih keterampilan komunikasi, organisasi, manajemen waktu, dan sosial yang penting.

 

6. Pelajari lebih dari satu mata pelajaran per hari

Cara belajar efektif berikutnya adalah mempelajari banyak mata pelajaran setiap hari. Menurut penelitian (Rohrer, D. 2012), mempelajari banyak topik akan membantu Anda lebih fokus daripada menangani satu topik.

 

Misalnya, jika Anda memiliki tes Matematika, Biologi, dan Bahasa Inggris, sebaiknya pelajari setiap bab dari ketiga mata pelajaran ini setiap hari. Ini lebih baik daripada belajar matematika di hari Senin, biologi di hari Selasa dan bahasa Inggris di hari Rabu.

 

Pasalnya, otak manusia cenderung bingung untuk menyerap informasi yang sama dalam sehari. Anda juga mungkin merasa lelah atau bosan karena harus mempelajari pelajaran yang sama sepanjang hari.

 

 

7. Catatan atau ulasan

Siapkan buku catatan, krayon, atau spidol untuk menandai informasi penting. Tuliskan bagian-bagian penting dari pelajaran, garis bawahi, sorot dengan warna merah, buat tabel, peta pikiran, dll. membantumu memahami pelajaran.

 

 

8. Singkirkan semua gangguan

Masalah klasik mengapa seseorang kesulitan belajar adalah mereka membiarkan gangguan terjadi. Agar belajarmu lebih fokus coba untuk matikan notifikasi ponsel atau off kan terlebih dahulu, jangan hiraukan chat dari doi atau siapapun.

 

 

Beri waktu sekitar 30 menit atau 1 jam jika dirasa kurang mampu, coba lakukan dengan cara 5 menit untuk fokus setelahnya bertambah 10 menit dan seterusnya.  matikan telefisi atau menjauh dari jangkauan telefisi

 

 

Jika Anda perlu membuka ponsel atau mengakses internet, harap abaikan pesan yang tidak terkait dengan pelajaran. Beri tahu anggota keluarga atau teman di sekitar Anda bahwa Anda ingin belajar selama beberapa jam.

 

 

9. Tulisan tangan

Mencatat dengan tangan terbukti lebih efektif. Anda dapat mengingat dan memahami semua informasi yang Anda tulis dengan tangan. Otak memproses informasi dengan cara yang berbeda dari mengetik di ponsel atau komputer.

 

 

10. Berolahraga secara teratur

Sebelum mengikuti ujian di sekolah, Anda dapat melatih keterampilan Anda secara rutin, seperti setiap minggu, atau setelah setiap pelajaran saat Anda menyelesaikan satu bab. Lakukan latihan bersama teman atau minta orang tua atau saudara Anda menuliskan pelajaran Anda.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: