Kalian Punya Sweater Wol? Ini Dia 5 Tips Merawatnya Supaya Tetap Awet Dipakai

Kalian Punya Sweater Wol? Ini Dia 5 Tips Merawatnya Supaya Tetap Awet Dipakai

perawatan sweater wol agar tetap awet--

DISWAY JOGJA – Seiring Perkembangan zaman, trend fashion di kalangan remaja semakin meningkat salah satunya adalah sweater. Sweater sudah beralih fungsi dari yang sekedar untuk menghangatkan tubuh menjadi salah satu jenis pakaian penting di dunia fashion.

Mengenakan sweater saat musim dingin melanda menjadi salah satu pilihan yang paling tepat yang dapat di lakukan untuk menjaga tubuh agar tetap hangat.

Selain dipalikasikan di bagian luar kemeja, kaos atau blus, kadang kala sweater yang tersedia dalam berbagai pilihan model salah satunya adalah sweater wol dan bahan ini pun juga bisa dipakai secara langsung tanpa perlu menambahkan iner didalamnya.

Sebagai pakaian penghangat tubuh, sweater sangat umum digunakan di daerah yang bersuhu dingin.

Fungsi utamanya yaitu untuk menghangatkan badan dengan cara menutupi bagian kedua lengan dan tubuh. Pakaian ini juga disebut baju sweater arena di desain untuk menyerap keringat dalam Bahasa Inggris yaitu sweat yang berarti dikeluaran dari badan orang.

Dari awalnya hanya dipakai untuk penghangat tubuh, sekarang sweater mulai dibuat dalam berbagai variasi model dan bahan sehingga sekarang dapat dimanfaatkan untuk menyempurnakan gaya dan penampilan kalian.

Semua pasti setuju kalau sweater wol adalah salah satu fashion item yang bisa buat kalian hangat saat musim dingin. Bukan hanya buat hangat seharian, sweater wol juga modis banget untuk di mix & match dengan pakaian lainnya.

BACA JUGA:Sedang Bingung Mau Buka Usaha Apa? Ini7 Peluang Bisnis untuk Kalian yang Wajib Dicoba!

Namun, cara merawat bahan yang satu ini cukup tricky lho! Supaya lebih tahan lama, berikut tips untuk merawat sweater wol kalian supaya awet tahan lama gaes:

1. Sikat secara lembut untuk mengembalikan serat sweater wol

Jika sering dipakai serat dan benang pada sweater wol bisa saja berubah. Bukan berubah lebih menarik akan tetapi malah terlihat kusam. Salah satu cara untuk mengembalikan serat dan benang pada sweater wol seperti sedia kala cukup dengan sikat pakaian. Cara ini dianggap ampuh untuk membuat sweater wol seperti baru. Jika tidak punya kalian bisa gunakan sisir atau jari tangan kalian.

2. Jangan cuci sweater wol terlalu sering

terlalu sering dicuci juga akan membuat serat pada sweater wol jadi cepat rusak. Sebaiknya gunakan t-shirt atau kemeja sebagai inner pada sweater wol sehingga keringat dari tubuh tidak langsung menempel pada sweater wol kalian.

3. Gunakan kamper untuk mencegah hama

Salah satu cara untuk merawat sweater wol kalian supaya lebih tahan lama lagi adalah dengan memberikan kamper pada lemari pakaian atau tempat yang biasa kalian gunakan untuk menyimpan sweater wol. Kamper berguna untuk mencegah hama yang bisa menyebabkan sweater wol menjadi rusak. Sayang sekali jika sweater wol favorit kalian habis dimakan hama.

4. Keringkan dengan mesin pengering

Sweater wol termasuk pakaian yang mudah menyerap air sehingga setelah dicuci ada baiknya jika kalian keringkan terlebih dahulu dengan mesin pengering. Jika sweater wol kalian sudah mulai mengering kalian bisa berikan angin di udara terbuka. Hal itu bisa membuat sweater wol lebih awet dan tahan lama.

5. Menggantung bisa mengubah bentuk sweater wol

Cara selanjutnya merawat sweater wol adalah tidak boleh digantung. Gaya gravitasi bumi mampu memisahkan serat-serat dan mengubah pola rajutan sweater wol. Biasanya bagian yang paling terlihat berubah adalah bagian lengan, pundak dan leher. Lipat sweater wol dan letakkan di lemari pakaian yang memiliki akses udara adalah cara paling baik sehingga sweater wol favoritmu terhindar dari bau tidak sedap.

Nah, itu tadi ulasan mengenai tips merawat sweater wol kalian supaya tetap awet. Jangan lupa untuk mencoba. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: