Kamu Tinggal di Desa? Bingung Mau Usaha Apa? Coba 9 Jenis Usaha Ini dijamin Usahamu Akan Berkembang!

Kamu Tinggal di Desa? Bingung Mau Usaha Apa? Coba 9 Jenis Usaha Ini dijamin Usahamu Akan Berkembang!

Ternak ayam memang sering dilakukan di pedesaan--

Disway Jogja - Jadi pengusaha desa memang tidak semudah yang kamu bayangkan, dengan minimnya penghasilan masyarakat desa, jauh dengan perkotaan bahkan sulitnya mendapatkan akomodasi antar desa ke kota menjadi faktor penghambat usaha.

 

Tapi untuk saat ini kita sudah lebih mudah mengakses apapun dan dimanapun, dengan adanya tekhnologi kita mampu menjangkaunya.

 

Jika kalian ingin menghidup-hidupi desa, cobalah membuka peluang usaha yang mungkin akan bermanfaat bagi mereka. Hal ini kadang dibutuhkan agar pemuda-pemuda bisa hidup selaras tanpa bimbang akan ekonomi.

Berikut adalah usaha yang bisa kamu lakukan di pedesaan:

 

1. Layanan potong rambut

 

Jenis usaha ini merupakan peluang usaha yang potensial di desa untuk masa mendatang. Dengan demikian, masyarakat desa tidak perlu khawatir pergi ke kota kabupaten atau ibu kota kabupaten untuk memotong rambut.

 

 

Ini juga merupakan kesempatan bagi para pemuda untuk menerima beasiswa sebelum kembali ke desa untuk mempelajari rahasia membuka usaha. Apalagi kini banyak bermunculan kursus terjangkau untuk mempersiapkan seseorang menjadi barber handal.

 

Untuk dijalankan seperti bisnis desa, salon rambut dapat beroperasi secara fleksibel, baik di tempat atau orang datang kepada kami, atau melalui ponsel atau jika diperlukan, kami akan datang kepada konsumen Anda.

 

 

 

2. Menjual kue tradisional

 

Setiap desa seringkali memiliki jajanan khasnya masing-masing. Oleh karena itu, penjualan kue tradisional desa merupakan usaha yang menguntungkan di desa karena masih banyak peminatnya. Memang usaha desa masih mendapat tempat di hati masyarakat kota, yang seiring dengan berkembangnya teknologi pengemasan dapat membuat kemasan gagang tradisional higienis dan menarik.

 

Usaha potensial di desa ini juga memiliki modal yang relatif terjangkau karena bahan baku utamanya biasanya masih tersedia di ladang desa. Dengan demikian, desa dagang jenis ini juga akan membantu meningkatkan taraf hidup petani di desa tersebut.

 

 

 

3. Usaha pertanian hidroponik

 

Hidroponik adalah cara menanam tanaman dengan mengandalkan media air dan menambahkan berbagai macam nutrisi. Jenis usaha ini sangat populer di perkotaan, namun bukan berarti tidak cocok untuk berbisnis di pedesaan. Pada umumnya penduduk desa bermatapencaharian dengan bercocok tanam, sehingga tidak sulit untuk belajar dan menjalankan usaha bercocok tanam hidroponik.

 

Apalagi peluang usaha semacam ini di desa ini memiliki bahan instalasi yang juga cukup mudah didapat dan dirakit. Tutorial cara menanam hidroponik banyak di channel Youtube.

 

 

 

Selain itu, hidroponik merupakan kegiatan yang menjanjikan di desa karena selain menjual hasil panen, jika kita tahu cara merakit, kita juga bisa menjual berbagai macam instalasi atau bahkan menjadi instruktur, pemandu bagi yang memulai usaha hidroponik.

 BACA JUGA:Jangan dibuang! Coba Buat Kerajinan Dari Kaca, Bisa Jadi Cuan Loh! Ini 7 Jenis Kreatifitas Dari Kaca

 

 

4. Ternakan ayam

 

Beternak ayam kampung merupakan usaha yang menguntungkan di desa karena desa biasanya memiliki lahan yang luas dan juga memiliki lingkungan yang baik untuk beternak ayam.

 

 

 

Kebutuhan modal yang rendah juga menjadi alasan utama mengapa beternak ayam kampung merupakan usaha yang menjanjikan di desa karena tidak seperti beternak kambing atau sapi yang padat karya dan padat modal.

 

 

 

Selain itu, jenis usaha di desa ini berpeluang untuk bekerjasama dengan berbagai usaha terutama di bidang peternakan dan pangan yang seringkali dapat membantu para petani dari awal hingga akhir.

 

 

6. Jasa konveksi rumahan

 

Usaha garmen merupakan usaha yang sangat menjanjikan di pedesaan. Selain itu, cakupan bisnis perusahaan ini sangat luas dan peluang inovasinya besar. Karena peluang usaha di desa ini sangat dinamis dalam proses pembangunannya, sangat cocok untuk anak muda yang semangat belajar dan berinovasi.

 

 

 

Saat ini banyak juga pilihan untuk mendapatkan mesin jahit tergantung dari kebutuhan dan kemampuan anda, apakah anda membeli mesin tersebut secara langsung, membelinya secara mencicil atau hanya menyewa mesin tersebut.

 

 

Usaha desa kerajinan ini bisa menjadi sumber modal yang besar di masa depan jika Anda berencana untuk mencari peluang usaha penjahit di perkotaan karena permintaan jasa garmen semakin meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk.

 

 

7. Menjual berbagai jenis tanaman

 

Penjualan bibit tanaman merupakan kegiatan yang menjanjikan di desa karena kondisi lingkungan yang menguntungkan, seperti jarak dari polusi dan dekat dengan titik air. Peluang bisnis di desa ini memiliki pasar yang sangat besar, apalagi ada salah satu yang memungkinkan kami untuk memasarkan produk kami secara online.

 

 

 

Varietas bibit juga memberi kami banyak pilihan untuk berbisnis di desa ini. Mulai dari bibit bonsai, sayuran, bibit pohon buah-buahan. Inilah yang membuat penjualan benih menjadi kegiatan yang menjanjikan di desa.

 

 

Berjualan bibit juga bisa menjadi kegiatan produktif di pedesaan mengingat tren menanam pohon di masyarakat perkotaan yang semakin meningkat sejak pandemi dan tren ini kemungkinan besar akan terus berlanjut.

 

 

 

8. Usaha ikan asin

 

Kecap ikan dapat dijadikan sebagai usaha pedesaan yang sangat potensial terutama di desa-desa dekat laut, sungai, danau atau desa yang banyak tambaknya. Kegiatan terpenting desa ini adalah menyediakan ikan hidup dan tanah kering. Cobalah untuk membeli ikan langsung dari nelayan untuk menghemat uang.

 

 

 

Perdagangan nelayan merupakan profesi di desa dengan pasar yang besar, termasuk manca negara. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian menyeluruh tentang produk ikan yang paling banyak dicari di daerah Anda, kota-kota besar di Indonesia atau pasar luar negeri.

 

 

 

9. Menjadi sub agen Elpiji 3Kg

 

Sub Agen Elpiji 3Kg adalah pemegang izin untuk mendistribusikan gas LPG kepada pengecer atau masyarakat umum. Menjadi subkontraktor elpiji 3 kg bisa menjadi peluang bisnis di desa yang menjanjikan keuntungan yang cukup lumayan karena jumlah pengecer yang cukup banyak.

 

 

 

Meskipun ada beberapa dokumen yang harus diselesaikan untuk mengajukan izin, jika semuanya berjalan lancar, ini bisa menjadi bisnis yang menguntungkan di desa. Untuk persyaratan lengkap menjadi sub agen LPG 3kg, silahkan hubungi Pertamina terdekat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: