Jangan dibiarkan! Rambut Berminyak Dapat Menyebabkan Bau Tidak Sedap, Atasi Segera! Ini 7 Caranya

Jangan dibiarkan! Rambut Berminyak Dapat Menyebabkan Bau Tidak Sedap, Atasi Segera! Ini 7 Caranya

Rambut berminyak kerap kali menjadi hal yang tidak menyenangkan--

Disway Jogja - Rambut berminyak kerap kali menjadi hal yang tidak menyenangkan, karna Ketika hal itu terjadi dapat menyebabkan rambut kita berbau tidak sedap. Berikut ada Beberapa tips untuk mengatasi masalah rambut berminyak

Agar tidak salah, yuk simak cara merawat rambut berminyak yang cocok dengan kondisi rambutmu masing-masing:

 

1. Pilih sampo yang tepat

Kelebihan produksi minyak pada rambut dapat menambah beban pada akar. Itu bisa membuat rambut lembut dan rata di akarnya. Mencoba mengganti sampo yang biasa Anda gunakan dengan sampo serum adalah cara mengatasi rambut berminyak tahap awal.

 

Seperti namanya, rangkaian produk ini dapat membantu menjaga rambut agar tidak berminyak.

 

2. Gunakan kondisioner dengan benar

Sampo digunakan untuk mencuci rambut, sedangkan kondisioner digunakan untuk melembabkan batang rambut dan mengembalikan minyak alami rambut yang terbilas oleh sampo. Kondisioner rambut alami ini sendiri diperlukan untuk membuat rambut lebih mudah diatur.

 

Oleh karena itu, tidak disarankan menggunakan kondisioner yang persis sama dengan sampo. Hindari penggunaan kondisioner pada kulit kepala karena akan sulit dibilas jika mengenai akar rambut. Helaian rambut akan cenderung lepek, rata, dan tidak dapat diluruskan dengan sempurna.

 

Gunakan hanya pada ujungnya, bekerja dari tengah ke ujung. Juga, pertimbangkan untuk menambahkan minyak zaitun ke rutinitas perawatan rambut Anda.

 

3. Cuci rambut Anda dengan air dingin

Tahukah Anda bahwa mencuci rambut dengan air hangat merangsang kelenjar sebaceous di kulit kepala? Sebaliknya, air dingin dapat membantu menghentikan produksi sebum berlebih. Oleh karena itu, usahakan untuk mencuci rambut dengan air dingin atau setidaknya dengan suhu yang setara

 

dengan suhu tubuh agar kutikula rambut dapat menutup dan mengontrol produksi minyak. Merawat rambut berminyak bisa dimulai dari hal kecil yang berdampak besar, seperti air yang Anda gunakan untuk keramas.

 BACA JUGA:Bingung Merawat Kecantikan? Ini Dia 5 Tips Merawat Kulit dan Rambut Agar Terlihat Menawan yang Wajib Kamu Coba

4. Keringkan rambut segera setelah keramas

Jangan ragu untuk tidur sendiri saat rambut masih basah! Kulit kepala yang basah lebih lembap dan cenderung cepat mengelupas. Kami tidak selalu menyarankan mengeringkan rambut dengan pengering rambut, tapi pastikan rambut Anda benar-benar kering sebelum ditata, pakai jilbab apalagi tidur!

 

5. Sisir rambut Anda

Membiarkan rambut basah dalam waktu lama akan membuat akar rambut terbiasa dengan posisi "hibernasi". Nah, saat rambut basah, sisirlah hingga akarnya berdiri. Gunakan sisir bergigi lebar dan sisir perlahan agar rambut tidak kusut atau patah. Saat akar sudah terangkat, bentuk rambut akan lebih melenting dan tidak lembek saat kering dan lebih mengarah ke sikat Anda.

 

6. Bentuk sanggul tinggi saat Anda akan tidur.

Cara ini sudah didemonstrasikan langsung oleh tim All Things Hair Indonesia, Stephanie Elia. Stephanie memiliki gaya rambut normal yang cenderung kering namun sering bermasalah dengan akar yang rata. Ini tertipu untuk tertidur sambil menarik semua rambutnya ke belakang. Dan tebak? Ia bekerja seperti sihir.

 

Pertumbuhan rambut dalam semalam secara otomatis akan menyebabkan akar rambut tumbuh, yaitu tumbuh secara alami. Anda akan bangun dengan rambut yang mengembang dan terawat di pagi hari. Jika Anda tidak percaya, coba sendiri malam ini!

 

7. Fokus Pada Rambut Pendek

Pinggiran rambut biasanya lebih berminyak daripada bagian lainnya. Memang minyak rambut lebih cepat menyebar pada poni yang cenderung pendek. Semakin panjang rambut, semakin lama minyaknya dan semakin sulit untuk didistribusikan secara merata ke seluruh rambut.

 

Jika Anda memiliki poni yang lembut, cuci dengan sampo dan keringkan seperti biasa. Untuk hasil terbaik, keringkan dengan mesin untuk menambah volume yang diinginkan. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: