Yuk simak, 9 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kepribadian, Impulsif dan Emosian!

Yuk simak, 9 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kepribadian, Impulsif dan Emosian!

Yuk simak, 9 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kepribadian, Impulsif dan Emosian!--

DISWAY JOGJA - Gangguan kepribadian adalah kondisi mental yang ditandai dengan pola pikiran, perasaan, dan perilaku yang tidak sehat.

Orang yang mengalami Gangguan kepribadian cenderung berbeda secara signifikan dari norma sosial.

Meskipun ciri-ciri Gangguan kepribadian dapat beragam sesuai jenisnya, berikut beberapa ciri umum yang dapat menjadi tanda seseorang mengalami Gangguan kepribadian.

 

Ciri Seseorang Mengalami Gangguan kepribadian

 

1. Hubungan Sosial Bermasalah

Seseorang dengan Gangguan kepribadian mungkin mengalami kesulitan dalam membangun dan mempertahankan hubungan sosial yang sehat. Mereka bisa cenderung menjadi sangat tergantung atau justru sangat menjaga jarak dengan orang lain.

 

2. Emosi Tidak Stabil

Orang dengan Gangguan kepribadian sering mengalami fluktuasi Emosi yang intens dan tidak stabil. Mereka mungkin mudah marah, cenderung mudah tersinggung, dan sulit mengendalikan Emosi mereka.

 

3. Kurang Empati atau Kurang Peka

Beberapa Gangguan kepribadian dapat menyebabkan kurangnya empati terhadap perasaan dan kebutuhan orang lain.

Orang dengan Gangguan kepribadian mungkin tidak peka terhadap perasaan orang lain dan kurang peduli tentang dampak perilaku mereka pada orang lain.

 

4. Pola Pikir dan Perilaku Tidak Wajar

Gangguan kepribadian sering menyebabkan pola pikir dan perilaku yang tidak wajar atau tidak tepat dalam berbagai situasi. Mereka mungkin memiliki keyakinan yang aneh atau merasa dicurigai oleh orang lain tanpa alasan yang jelas.

 

5. Impulsif

Seseorang dengan Gangguan kepribadian dapat cenderung bertindak secara impulsif tanpa mempertimbangkan konsekuensi jangka panjang dari tindakan mereka.

 

6. Perubahan Identitas yang Drastis

Orang dengan Gangguan kepribadian tertentu mungkin mengalami perubahan identitas yang drastis atau memiliki perasaan yang tidak stabil tentang siapa mereka sebenarnya.

 

7. Rendah Diri

Beberapa Gangguan kepribadian dapat menyebabkan perasaan rendah diri, ketidakpercayaan diri, dan kebencian terhadap diri sendiri.

 

8. Kesulitan Mengatasi Masalah

Mereka mungkin memiliki kesulitan dalam mengatasi masalah atau merespons stres secara sehat.

 

9. Mengganggu Kehidupan

Ciri lain dari Gangguan kepribadian adalah gejala Gangguan kepribadian dapat ditemukan di berbagai konteks kehidupan. Mulai dari lingkungan rumah, pekerjaan hingga hubungan sosial.

Penting untuk diingat bahwa tidak ada satu gejala tunggal yang secara pasti menandakan seseorang mengalami Gangguan kepribadian.

Diagnosis Gangguan kepribadian harus dilakukan oleh profesional kesehatan mental yang berpengalaman setelah melakukan evaluasi dan observasi yang cermat terhadap perilaku dan pola pikir seseorang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: