Jangan Takut Hitam, Ini 5 Manfaat Penting Berjemur di Pagi Hari, Kamu Wajib Tahu!

Jangan Takut Hitam, Ini 5 Manfaat Penting Berjemur di Pagi Hari, Kamu Wajib Tahu!

Ilustrasi berjemur di pagi hari -Disway-Pinterest

DISWAYJOGJA.ID - Berjemur matahari di pagi hari memiliki banyak manfaat kesehatan. Sebab, Berjemur di pagi dapat membantu produksi vitamin D secara alami pada tubuh. Vitamin D sendiri kaya akan antioksidan yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Berjemur di Pagi Hari

Selain itu, masih banyak manfaat lain dari Berjemur pagi jika melakukannya dengan benar. Berikut ini 5 Manfaat Berjemur di pagi hari, simak sampai selesai ya.

1. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat Berjemur di pagi hari yang pertama yakni mengurangi risiko kanker.

Kurangnya vitamin D dalam tubuh dapat meningkatkan risiko kanker, seperti kanker payudara dan usus besar. 

Dengan Berjemur di pagi hari, risiko kanker tersebut bisa menjadi lebih rendah atau berkurang.

Selain itu, suplementasi vitamin D terbukti dapat menurunkan risiko pengembangan segala bentuk kanker hingga 60%.

2. Menghilangkan Depresi 

Berjemur di pagi hari dapat menghilangkan depresi. Kekurangan sinar matahari dapat menyebabkan gangguan yang disebut Seasonal Affective Disorder (SAD).

SAD adalah depresi yang umum dirasakan saat berada di musim dingin. Umumnya terjadi pada orang-orang yang bekerja berjam-jam di gedung perkantoran dan jarang terkena sinar matahari.

Berjemur di waktu ini dapat meningkatkan kadar anti depresan alami di otak yang bisa membantu meringankan dan menghilangkan bentuk-bentuk depresi ringan. 

Itu dikarenakan saat Berjemur di pagi hari otak dapat memproduksi lebih banyak serotonin, yakni suatu bahan kimia yang dapat memperbaiki suasana hati.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berjemur di pagi hari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ya, sinar matahari sangat berpengaruh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Saat terpapar sinar matahari, tubuh akan menghasilkan lebih banyak sel darah putih yang berfungsi sebagai perlindungan tubuh. 

Sel darah putih memegang peranan penting dalam melawan berbagai penyebab infeksi.

Penelitian terbaru mengungkap bahwa orang yang kekurangan vitamin D seringkali lebih mudah sakit dan terkena penyakit parah seperti penyakit jantung dan kanker. 

Mereka juga menemukan bahwa vitamin D yang didapat dari sinar matahari lebih efektif dan bernilai dibandingkan dengan suplemen vitamin D

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat Berjemur di pagi hari yang keempat adalah dapat meningkatkan kualitas tidur. Ini dikarenakan saat sinar matahari mengenai mata, sebuah pesan dikirim ke kelenjar pineal di otak dan produksi melatonin (hormon yang membuat kita mengantuk dan membantu kita tidur) 

Sinar matahari akan membuat tubuh memiliki gambaran jelas bahwa ini bukanlah malam hari, sehingga akan membantu mempertahankan ritme sirkadian yang normal.

Ketika di luar mulai gelap maka tubuh akan mendapatkan gambaran yang jelas, sehingga merasa lelah dan mengantuk menjelang waktu tidur.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat Berjemur di pagi hari selanjutnya adalah untuk meningkatkan kesehatan tulang.

Seperti yang sudah banyak diketahui, vitamin D pada sinar matahari dapat merangsang penyerapan kalsium dan fosfor yang dapat menguatkan tulang.

Tidak hanya itu saja, vitamin D3 juga ternyata memiliki peran penting untuk kepadatan tulang. Vitamin D3 adalah vitamin yang larut dalam lemak yang terbentuk selama proses pembuatan vitamin D ketika sinar matahari mengenai kulit. 

Hal tersebut dapat mengatur penyerapan kalsium. Bila kamu memiliki kandungan vitamin D3 yang lebih tinggi di dalam darah 

maka kecil kemungkinannya kamu akan menderita patah tulang dan begitupun sebaliknya. Itulah mengapa Berjemur di pagi hari sangat penting untuk kesehatan tulang terlebih pada orang dewasa hingga yang lebih tua.

Waktu Ideal Berjemur di Pagi Hari 

Lantas, kapan waktu ideal untuk Berjemur di pagi hari?

Untuk mendapatkan manfaat terbaik sinar matahari, berjemurlah di luar pukul 10 pagi hingga pukul 2 siang. Di luar waktu itu, radiasi UV B berintensitas relatif rendah sehingga aman bagi manusia.

WHO juga menyatakan, "Sinar UV Matahari paling kuat antara pukul 10 pagi hingga 2 siang. Batasi paparan sinar matahari selama jam-jam ini."

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan, waktu Berjemur bisa 10-15 menit di atas pukul 9. Atau bisa juga diwaktu sebelumnya.

Bagian tubuh yang sebaiknya terkena paparan sinar matahari UVB meliputi tangan, lengan, wajah, punggung, dan kaki.

Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: