Masuk Angin? Ini dia 4 Tips Mengatasi Masuk Angin Dengan Bahan Alami! Mudah & Cepat!

Masuk Angin? Ini dia 4 Tips Mengatasi Masuk Angin Dengan Bahan Alami! Mudah & Cepat!

masuk angin--www.halodoc.com

DISWAY JOGJA - Masuk angin adalah suatu kondisi yang umum terjadi dan seringkali dianggap sebagai gangguan ringan dalam kesehatan. Meskipun gejalanya biasanya tidak serius, namun dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan dalam aktivitas sehari-hari. 

Masuk angin adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan kumpulan gejala yang muncul ketika sistem pernapasan atau sistem pencernaan seseorang mengalami gangguan ringan. Istilah ini lebih populer di masyarakat dan penggunaan medisnya kurang umum. Meskipun disebut “masuk angin”.

Sebenarnya kondisi ini tidak disebabkan oleh masuknya angin fisik ke dalam tubuh, melainkan oleh berbagai faktor lain. Gejala-gejala yang biasanya dikaitkan dengan masuk angin dapat bervariasi dari ringan hingga sedang, dan biasanya termasuk gejala sakit kepala, nyeri otot, nafsu makan menurun, sakit perut dan diare.

Masuk angin bersifat ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya. Beberapa masyarakat mengatasi masuk angin dengan kerokan. Namun, sobat juga bisa mengatasi masuk angin dengan obat tradisional yang mudah ditemukan.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi masuk angin dengan mudah:

1. Jahe

Jahe adalah tanaman akar yang telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama ribuan tahun. Jahe memiliki banyak manfaat kesehatan yang telah diteliti dan terbukti efektif. Tanaman dengan nama latin zingiber officiale ini memiliki kandungan seperti kalori, karbohidrat, serat, protein, lemak, gula, asam folat, zat besi, kalium, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, vitamin B2, magnesium, fosfor, dan zinc yang baik untk kesehatan.

Jahe efektif untuk meredakan mual, muntah, dan kondisi terkait masuk angin. Untuk mengonsumsinya bisa dilakukan dengan menyeduh jahe dengan air panas atau yang biasa disebut wedang jahe. Selain itu, jahe bisa langsung dikunyah atau dicampur ke dalam teh hangat.

2. Kunyit Putih

Kunyit putih berbeda dengan kunyit kuning dari segi rasa, bentuk maupun warna. Namun, keduanya memiliki aroma khas dan kuat karena sama-sama mengandung minyak atsiri. Kunyit putih memiliki sifat antiradang, antibakteri, dan antinyeri yang bisa mengobati berbagai jenis penyakit, seperti nyeri ulu hati, nyeri sendi, sakit perut, diare hingga masuk angin.

Cara mengatasi masuk angin dengan kunyit putih cukup mudah. Kupas dan parut kunyit putih. Setelah itu, ambil airnya. Sebelum diminum, air kunyit putih sebaiknya direbus terlebih dahulu.

3. Bawang Putih

Bawang putih juga punya ragam khasiat untuk kesehatan tubuh. Bawang putih dapat mengobati tekanan darah tinggi, bronkitis, perut kembung, demam hingga masuk angin. Itu karena bawang putih memiliki kandungan antimikroba yang dapat membantu tubuh melawan bakteri jahat.

Untuk mendapatkan khasiatnya, kupas dan haluskan beberapa siung bawang putih. Balurkan bawang putih pada telapak kaki agar kandungannya terserap oleh tubuh dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: