Inilah 3 Lokasi Kota Tua di Jawa Tengah Menjadi Destinasi Wisata yang Indah dan Bersejarah

Inilah 3 Lokasi Kota Tua di Jawa Tengah  Menjadi Destinasi Wisata yang Indah dan Bersejarah

Kota Lama Semarang--

DISWAY JOGJA - Indonesia adalah negara yang memiliki berbagai macam destinasi wisata yang sangat Indah. Sejarah mencatat bahwa Indonesia pernah mengalami masa penjajahan Belanda selama 350 tahun. Tidak heran jika kita melihat sisa-sisa peninggalan Belanda masih ada di Indonesia. 

Peninggalan Belanda tersebut dirawat sebagai bukti sejarah pendudukan Belanda di Indonesia. Bahkan di beberapa lokasi, Kota Tua dijadikan Destinasi Wisata. Kota Tua memang unik karena kita bisa melihat arsitektur kuno dan tata letak kota yang berbeda dari lingkungan biasanya.

Di Jawa Tengah ada 3 Lokasi Kota Tua yang banyak dikunjungi masyarakat. Tidak hanya untuk berwisata, 3 Kota Tua ini mampu mengenang jejak-jejak sejarah yang masih ada. Melansir dari Disway.id, Inilah 3 Kota Tua peninggalan Belanda yang ada di Jawa Tengah.

1. Semarang

Kota Semarang dikenal dengan sebutan Little Amsterdam, karena tata letak  kotanya mirip dengan ibukota negeri kincir angin. Ada suatu kawasan di Semarang yang disebut sebagai Kota Lama. Daerah ini menjadi salah satu point of interest destinasi wisata di Semarang. Bangunan-bangunan di Kota Lama memiliki gaya arsitektur Eropa zaman dulu.

Pada saat Belanda masih menduduki Indonesia, sekitar tahun 1700-an Semarang menjadi Pusat perdagangan dan militer. Hingga kini sisa-sisa Bangunan di Kota Lama masih bisa kita lihat. Destinasi Wisata yang paling terkenal di Semarang adalah Lawang Sewu dan Gereja Blenduk.

2. Solo

Kota Solo menyimpan banyak peninggalan yang kental, baik dari pemerintahan kerajaan Jawa Kuno hingga kolonial Belanda yang masih berpengaruh hingga kini. Tidak mengherankan jika jejak kependudukan Belanda masih kita lihat.

Salah satu bangunan peninggalan Belanda di Solo adalah  Loji Gandrung dan Omah Lowo. Bangunan-bangunan arsitektur Belanda kuno  bisa kita lihat di Sepenjang Jalan Slamet Riyadi.

BACA JUGA:Pasar Slumpring: Pasar Paling Unik di Tegal, Hanya Buka di Hari MInggu Loh!

3. Salatiga

Letak kota Salatiga berada di antara Semarang dan Solo. Kota ini memiliki suhu udara yang teduh dan sejuk karena posisinya dekat Gunung Merbabu. Kota Salatiga dulunya menjadi destinasi wisata orang Belanda karena keberadaan Gunung Merbabu dan udaranya yang teduh.

Bangunan-bangunan tua peninggalan Belanda bisa ditemui di sepanjang Jalan Diponegoro, Jalan Sudirman, dan Jalan Hasanuddin. Peninggalan Belanda yang terkenal adalah Gereja GPIB Tamansari dan Hotel Pension Van Blommestein.

Nah, itulah informasi mengenai peninggalan Belanda yang bisa ditemui di kota-kota di Jawa Tengah. Keberadaan bangunan Belanda ini menjadi pengingat bagi kita akan sejarah perjuangan bangsa ini. Jika Anda Berkunjung di antara 3 Kota Tua di  Jawa Tengah ini, Luangkan waktu untuk menikmati indahnya kota dan mengenang sejarah yang masih ada.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: