Pasar Slumpring: Pasar Paling Unik di Tegal, Hanya Buka di Hari MInggu Loh!

Pasar Slumpring: Pasar Paling Unik di Tegal, Hanya Buka di Hari MInggu Loh!

Pasar Slumpring--

DISWAY JOGJA - Pasar Slumpring merupakan salah satu pasar di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Pasar ini berbeda dengan pasar-pasar pada umumnya. Pasar Slumpring memiliki daya tarik sendiri karena pasar ini berada ditengah-tengah kebun bambu dan menariknya Pasar Slumpring tidak menggunakan uang dalam bertransaksi. Selain itu, Pasar Slumring ini hanya buka di hari Minggu saja.

Pasar Sumpring beralamat di Desa Wisata Cempaka, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Awal mula terbentuknya pasar ini atas inisiatif dari konsultan pariwisata desa, Perkumpulan Hidora (Hiduplah Indonesia Raya). Tepatnya, setelah acara launching Bumijawa Festival di tahun 2018. Melansir dari kanal youtube YAN channel, berikut ini sederet informasi mengenai Pasar Slumpring.

1. Suasana pasar yang sejuk dan ramah lingkungan

Pasar Slumpring berada di tengah-tengah kebun bambu dan memiliki konsep ramah lingkungan. Pasar ini tidak menggunakan plastik dalam melakukan transaksi jual beli, melainkan menggunakan daun pisang yang ramah lingkungan. 

Untuk memasuki pasar ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 5.000 rupiah per orang. Pasar ini menjual berbagai macam makanan khas tegal. Di antaranya adalah lindung, nasi jagung, bubur sumsum, urab, klepon, serabi, lontong sate, blendung, dan bermacam-macam makanan yang terbuat dari ubi. Selain itu, ada juga minuman-minuman tradisional.

Uniknya Pasar Slumpring tidak menggunakan uang rupiah untuk membeli makanan disini, Anda harus menukarkan uang Anda dengan koin bambu. Satu keping koin di pasar ini seharga 2500 rupiah. Harga-harga makanan di sini misalnya blending 2 keping, Klepon 3 keping. Dan semua penjual di pasar ini mengenakan kebaya dengan warna serupa. Penjual makanan di sini berjumlah sekitar 30 orang dan semuanya merupakan warga asli Desa Cempaka.

Pasar Slumpring juga menyediakan daftar menu yang dipampang berisi nama penjual makanan atau minuman beserta menu dan harganya. Jadi, Anda bisa mengira-ngira berapa uang yang akan Anda tukar. Pasar ini juga menampilkan live music atau pertunjukan musik secara langsung untuk menemani pengunjung yang datang sambil menikmati makanan dan minuman yang telah dibeli.

 

2. Sungai Tuk Mudal 

Pasar Slumpring yang berada di tengah-tengah kebun bambu dan pohon rindang memberikan suasana sejuk. Selain itu, disamping Pasar Slimpring juga terdapat Sungai Tuk Mudal yang airnya jernih dan Indah.  Pengunjung dapat menyewa sepeda air atau bambu rakit untuk dapat  menikmati aliran sungai ini. Suasana sejuk, nyaman, dan pemandangan yang indah membuat Anda ingin berlama-lama di pasar ini.

 

3. Lokasi dan Jam Operasional Pasar Slumpring 

Pasar Slumpring berada di Desa wisata Cempaka, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Jika ditempuh dari Pusat Kota Tegal menuju Pasar Slumring, maka akan membutuhkan waktu sekitar 45 km dengan waktu tempuh kurang lebih  satu setengah jam perjalanan menggunakan mobil. Jam operasional Pasar Slumpring dimulai dari pukul 07.00-12.00 WIB hanya di Hari Minggu. Suasana pasar yang sejuk dikelilingi pemandangan yang Indah membuat pasar ini banyak dikunjungi orang.

Demikian informasi terkait Pasar Slumpring, Bagi Anda yang ingin merasakan suasana berbeda saat berbelanja di pasar maka Pasar Slumpring menjadi salah satu tempat yang cocok untuk dikunjungi saat Anda berada di Bumijawa. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: