Kalian Wajib Tau! Ini 9 Keunikan Makam Sunan Kalijaga yang Kaya Akan Budaya dan Spiritual

Kalian Wajib Tau! Ini 9 Keunikan Makam Sunan Kalijaga yang Kaya Akan Budaya dan Spiritual

Makam Sunan Kalijaga memiliki arsitektur khas Jawa, yang mencerminkan budaya dan seni arsitektur pada masanya--

 

Disway Jogja - Makam Sunan Kalijaga, yang terletak Makam Sunan Kalijaga terletak di Kadilangu, Demak, Jawa Tengah, sekitar 1,5 Km dari Masjid Agung Demak menuju arah tenggara. Makam ini merupakan situs bersejarah dan spiritual yang memiliki berbagai keunikan.

 

Sunan Kalijaga merupakan salah satu dari sembilan Wali Songo, para tokoh penyebar agama Islam di Jawa pada abad ke-15. Berikut adalah beberapa keunikan dari Makam Sunan Kalijaga:

 

 

 

1.Arsitektur Makam

 

Makam Sunan Kalijaga memiliki arsitektur khas Jawa, yang mencerminkan budaya dan seni arsitektur pada masanya. Makam ini didominasi oleh warna-warna yang khas, seperti hijau dan kuning, yang menjadi ciri khas makam para Wali Songo.

 

Arsitektur Makam Sunan Kalijaga merupakan perpaduan gaya arsitektur Jawa yang khas dengan unsur-unsur Islami yang mencerminkan nilai-nilai spiritual dan keagamaan. Berikut adalah beberapa ciri khas arsitektur makam Sunan Kalijaga:

 

 

 

Makam Sunan Kalijaga didesain sebagai bangunan tertutup dengan bentuk atap limas yang khas. Atap limas adalah atap berbentuk segi empat dengan sisi-sisi yang melengkung dan meruncing ke atas.

 

 

 

Dinding makam terbuat dari batu bata merah yang dibuat secara tradisional. Pada beberapa bagian, Anda dapat menemukan ornamen yang menghiasi dinding, seperti ukiran geometris dan arabesque yang sering digunakan dalam seni arsitektur Islam.

 

 

 

2. Warna Khas

 

Makam ini ditandai dengan dominasi warna hijau dan kuning pada dindingnya. Warna-warna ini sering menjadi ciri khas makam para Wali Songo dan mencerminkan kesakralan dan kedamaian.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: