7 Rekomendasi Tempat Beli Gudeg Enak Terlaris di Jogja

7 Rekomendasi Tempat Beli Gudeg Enak Terlaris di Jogja

Gudeg Jogja--

DISWAY JOGJA - Berbahan gori alias nangka muda, gudeg jadi santapan populer dan legendaris kota Jogja. Kamu pun bisa menjumpainya dengan mudah di setiap sudut kota. Pantas aja Jogja disebut sebagai Kota Gudeg saking banyaknya penjual gudeg.

Meski sama-sama menjual gudeg, masing-masing penjual punya pelanggan setia lho. Pasalnya, tiap penjual menyajikan gudeg dengan citarasa khas sehingga tidak ada gudeg yang rasanya sama persis.

Yuk, lihat apa saja gudeg enak paling laris di Jogja!

1. Gudeg Bu Djuminten


Gudeg Jogja--lisadewi

Yang pertama, ada Gudeg Bu Djuminten sudah dirintis sejak 1926! Menempati rumah lawas dengan nuansa Jawa yang kental, membuat acara bersantap di sini terasa penuh nostalgia. 

Gudeg Bu Djuminten termasuk gudeg basah, disajikan bersama sambal krecek dan kacang tolo yang pedas. Arehnya terasa gurih, mengimbangi gori yang manis dan empuk. Kamu pun bisa memesan nasi gudeg dalam boks atau kendil untuk dibawa pulang. Gudeg Bu Djuminten emang jadi salah satu spesialis gudeg kendil yang mesti dicoba lho.

Jam buka: Pukul 08.00 - 20.00

Lokasi: Jl. Asem Gede No. 14, Cokrodiningratan, Jetis

2. Gudeg Yu Djum Wijilan 167


Gudeg Jogja Yu Djum--apabedanyacom

Jalan Wijilan di kawasan Keraton Jogja dikenal sebagai sentra gudeg. Di sepanjang jalan ini deretan penjual gudeg siap menjamu para tamu yang kelaparan atau mencari oleh-oleh dibawa pulang.

Salah satunya adalah Gudeg Yu Djum dengan resep asli warisan keluarga. Gudeg Yu Djum masuk kelompok gudeg kering bercitarasa legit, dan berpadu sempurna dengan krecek pedas serta aneka lauk pendamping. Kalau dibawa pulang, gudeg akan dibungkus dalam besek maupun kendil. Penting banget nih agar aroma gudeg tetap awet!

Jam buka: Pukul 07.00 - 21.00

Lokasi: Jl. Wijilan No. 167, Panembahan, Kraton

3. Gudeg Mercon Bu Tinah


Gudeg Jogja--masakjajan

Rasa pedas Gudeg Mercon Bu Tinah jelas bukan sembarang pedas. Bahkan, kamu nyaris nggak bisa ngitung satu per satu jumlah irisan cabai hijau dan merah dalam seporsi gudeg mercon. 

Lapak Gudeg Mercon Bu Tinah terbilang nggak besar dengan model jualan ala lesehan di tepi jalan. Namun, jangan tanya antreannya, bisa mengular panjang! Nggak ada tempat khusus buat makan, kamu bisa ngemper di trotoar atau makan di mobil. Tapi soal rasa, joss banget! Pedasnya another level sih, plus tersedia aneka lauk buat teman makan gudeg. Mulai dari potongan ayam, telur, hingga aneka sate yang gurih.

Jam buka: Pukul 21.00 - 01.00

Lokasi: Jl. Asem Gede No. 8, Cokrodiningratan, Jetis

4. Gudeg Bu Sri


Gudeg Jogja--jajanbantul

Satu lagi penjual gudeg basah yang jadi favorit warga Jogja, yaitu Gudeg Bu Sri. Hadir sejak tahun 1988, varian gudeg basah Bu Sri segera mencuri hati para penggemar gudeg. 

Gudeg basah resep turun temurun Bu Sri dikenal memiliki ciri khas kuah encer dan krecek empuk yang bikin nagih. Perpaduan rasa manis dan gurih yang pas membuatnya sempurna untuk disantap sepanjang hari. 

Kamu bisa pesan nasi gudeg komplit dengan lauk favorit, seperti telur, daging ayam, ati rempela, hingga ceker dan kepala ayam. Untuk dijadikan oleh-oleh, gudeg bisa dikemas besek atau kendil dengan isi sesuai pilihanmu.

Jam buka: Pukul 06.00 - 23.00

Lokasi: Jl. Wates KM 2, Kadipiro, Kasihan, Bantul

5. Gudeg Mbarek Bu Hj. Amad


Gudeg Jogja--jakartafood

Buat kamu yang menginap di sekitar Kampus UGM, beli gudeg nggak usah jauh-jauh ke Wijilan. Ada Gudeg Mbarek Bu Hj. Amad yang menyediakan tempat nyaman untuk bersantap sekaligus cocok dijadikan oleh-oleh.

Gudeg Mbarek kerap jadi tujuan para penyuka gudeg gurih. Berbeda dengan citarasa legit yang identik dengan gudeg, gori racikan Gudeg Mbarek Bu Hj. Amad terasa gurih, sedikit kenyal, dan juicy. Makin sip kalau ditambah sambal krecek sebagai penyeimbang rasa dan memperkaya tekstur dalam satu suapan.

Oya, kamu juga bisa menjumpai gudeg kaleng di sini. Ada tiga varian, yaitu Gudeg Telur Suwir, Telur Tahu, dan Krecek. 

Jam buka: Pukul 05.30 - 22.00

Lokasi: Jl. Kaliurang KM 4,5 Blok CT3 No. 5, Kocoran, Caturtunggal

6. Gudeg Manggar Ibu Jumilan


Gudeg Jogja--sedulurbudaya

Gudeg enak di Jogja yang terakhir adalah Gudeg Manggar Ibu Jumilan. Makanan ini termasuk langka lho karena menggunakan bunga kelapa yang masih muda sebagai bahan utama. 

Di Gudeg Manggar Ibu Jumilan, kamu bisa menikmati lezatnya gudeg dari putik bunga kelapa yang dimasak berjam-jam dengan bumbu dan santan. Rasanya ya seperti gudeg, tetapi cenderung lebih gurih dan tidak semanis gudeg nangka. Apalagi, saat disantap bareng ayam suwir, tekstur makanannya makin meriah! Di sini juga ada mangut lele yang pedas gurih. Sekalian cobain ya!

Jam buka: Pukul 06.00 - 15.00

Lokasi: Jl. Srandakan KM 8, Jl. Kp. Bendo Mangiran, Puluhan Kidul, Bantul

7. Gudeg Bromo Bu Tekluk


Gudeg Jogja--randomfoodspot

Gudeg Bromo Bu Tekluk telah meramaikan pasar gudeg enak di Jogja dari tahun 1984. Konon, nama Tekluk berasal dari kebiasaan sang penjual yang kerap terkantuk-kantuk dan kepalanya tertunduk berkali-kali saat jualan di malam hari.

Gudeg basah jadi ciri khas Gudeg Bromo. Dimakan begitu aja udah enak dan makin sempurna saat disantap bersama aneka lauk. Pilihannya beragam, seperti ayam suwir, potongan ayam, telur bacem, serta tempe dan tahu. 

Oya, sambel krecek gudeg ini memakai kulit kerbau alih-alih kulit sapi. Ini menghasilkan tekstur krecek yang kenyal dan nggak gampang hancur waktu dimasak.

Jam buka: Pukul 23.00 - 05.00

Lokasi: Jl. Affandi No. 2-A, Santren, Caturtunggal

Duh, bikin laper aja ya melihat nama gudeg enak di Jogja tadi. Pastiin kamu mampir ke salah satu gudeg tersebut ya kalau lagi liburan di Jogja. Selamat makan gudeg!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: