9 Oleh-Oleh Khas Tegal yang Wajib Kalian Coba Saat Berkunjung ke Tegal!

9 Oleh-Oleh Khas Tegal yang Wajib Kalian Coba Saat Berkunjung ke Tegal!

9 Oleh-Oleh Khas Tegal yang Wajib Kalian Coba Saat Berkunjung ke Tegal!--

DISWAY JOGJA - Berada di daerah Jawa Tengah yang berada di Jalur Pantura. Tegal selalu ramai di setiap waktu. Kebudayaan pesisirnya juga sangat kental di daerah ini. Kota yang juga sering disebut dengan Kota Bahari ini punya banyak destinasi wisata yang patut dijelajahi. Kota ini mempunyai banyak destinasi wisata menarik seperti Pantai Alam Indah, Pantai Muarareja, Curug Pitu Margasari, Bukit Goa Lawa, dan destinasi menarik lainnya.

Selain destinasi wisata yang menarik. Tegal juga terkenal dengan destinasi kuliner yang tak kalah menarik. Seperti warung tegal (warteg) yang sudah fenomenal di seluruh penjuru Indonesia ini salah satunya. Bukan hanya warteg kota tegal juga terkenal dengan beragam kulinernya yang enak seperti teh poci, tahu aci, nasi ponggol, dan lain sebagainya.

Berikut oleh-oleh khas tegal yang wajib kalian beli dan dibawa pulang untuk keluarga dirumah antara lain:

1. Tahu Aci

Siapa yang tidak kenal dengan kuliner khas tegal ini? Ya, tahu aci adalah salah satu makanan andalan dan ciri khas dari daerah tegal. Siapa saja yang berkunjung ke tegal pasti akan mencoba jajanan yang satu ini. Tahu aci merupakan campuran dari tepung kanji berbumbu atau yang biasa disebut aci yang kemudian dimasukkan ke dalam tahu. Tahu aci terkenal dengan kekenyalan dan kegurihannya.

2. Kerupuk Antor

Bagi kalian yang kurang menyukai kacang-kacangan kalian dapat mencoba membeli kerupuk antor sebagi oleh-oleh. Sama seperti kacang bogares cita rasa gurihnya cocok untuk dipasangkan dengan menu makanan lainnya.

3. Pilus

Nama makanan yang satu ini mungkin sudah tak asing di telinga kalian. Makanan yang berbahan dasar tepung terigu, tepung kanji, daun kucai, dan rempah lainnya ini memang selalu menjadi buah tangan pilihan khas Tegal yang seringkali dicari oleh para wisatawan.

4. Kacang Bogares

Meski sekilas tampak seperti kacang goreng pada umumnya pada dasarnya rasa kacang bogares ini justru tergolong unik dan khas. Dibuat dengan campuran bumbu dan teknik pengolahan yang khusus sehingga menghasilkan cita rasa kacang bogares yang renyah, manis, asin dan gurih.

5. Keripik Tahu

Tahu merupakan makanan yang lebih sering dijadikan sebagai lauk. Tapi ternyata selain dijadikan lauk tahu juga dapat dijadikan sebagai keripik. Tegal merupakan daerah yang cukup dikenal dengan keripik tahunya. Karena tegal termasuk salah satu produsen tahu lebih tepatnya di daerah banjaran. Tahu khas banjaran dari tegal ini sering menjadi incaran para wisatawan dari luar tegal untuk dijadikan buah tangan keluarga.

Biasanya keripik tahu ini dibuat dengan bahan tahu kuning yang cenderung bertekstur lebih padat daripada tahu biasa. Kepadatan inilah yang menjadikan tahu tidak akan hancur saat diolah menjadi keripik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: