Tahukah Kalian Manfaat Pare? Ya, Meski Terkenal Pahit Pare Mempunyai Segudang Manfaat! Berikut Manfaatnya

Tahukah Kalian Manfaat Pare? Ya, Meski Terkenal Pahit Pare Mempunyai Segudang Manfaat! Berikut Manfaatnya

Tahukah Kalian Manfaat Pare? Ya, Meski Terkenal Pahit Pare Mempunyai Segudang Manfaat! Berikut Manfaatnya--

DISWAY JOJGA - Siapa yang tidak mengenal sayuran pare? Sayuran yang merambat dan mempunyai buah memanjang dengan bintil-bintil di luar kulitnya dan berwarna hijau. Sayuran pare yang sering digunakan sebagai lalapan ternyata mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Pare alias paria kaya akan mineral nabati, kalsium, serta fosfor dan karotenoid. Didalam sebuah penelitian disebutkan sayuran pare mengandung alpha-momorchorin, betamomorchorin, dan MAP30 (momordica antiviral protein 30) yang bermanfaat sebagai anti HIV/AIDS.

Kandungan nutrisi sayuran pare sudah ada sejak lama. Sayuran pare dipercaya sebagai tanaman herbal yang bermanfaat bagi kesehatan Tubuh. Hal ini karena di dalam sayuran pare terkandung beragam nutrisi penting antara lain: vitamin seperti vitamin A, C, E, B1, B2, B3, dan B12. Mineral seperti zat besi, kalsium, kalium, zinc, magnesium, dan fosfor, karbohidrat dan serat, antioksidan, seperti fenol, flavonoid, lutein, dan zeaxanthin.

Konsumsi pare bisa membawa beragam manfaat bagi kesehatan termasuk kesehatan ibu hamil. Manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi pare antara lain:

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi didalam sayuran pare mampu mencegah konstipasi. Namun konsumsi sayuran pare berlebihan juga dapat menimbulkan efek samping berupa diare dan muntah. Maka mengonsumsi sayuran pare secukupnya.

2. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A pada sayuran pare mampu meningkatkan kesehatan mata kalian. Bahkan, vitamin A, vitamin E, dan vitamin C yang terkandung pada sayuran pare diyakini dapat mengurangi risiko terjadinya degenerasi makula pada orang lanjut usia.

3. Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi sayuran pare dapat membantu menurunkan berat badan karena bahan makanan satu ini rendah akan kalori dan kaya serat. Kandungan serat yang tinggi pada sayuran pare dapat memberikan efek kenyang lebih lama sehingga mampu menurunkan nafsu makan. Jadi, sayuran pare sangat cocok di konsumsi kalian yang sedang menjalankan program diet.

4. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Walaupun sangat sedikit kandungan protein yang terdapat pada sayuran pare dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Namun manfaat ini masih perlu untuk diteliti lebih lanjut.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Walaupun perlu penelitian lebih lanjut, konsumsi sayuran pare dapat membantu mencegah penyakit jantung. Pasalnya konsumsi sayuran pare dalam jumlah yang cukup mampu membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan serat, kalium, serta antioksidan yang ada dalam sayuran pare juga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

6. Mencegah Kanker Payudara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: