Mau Nonton Oppenheimer? Simak Dulu Profil Fisikawan Penemu Bom Atom Ini!

Mau Nonton Oppenheimer? Simak Dulu Profil Fisikawan Penemu Bom Atom Ini!

Cillian Murphy yang didapuk memerankan karakter Oppenheimer--

Oppenheimer mulai mencari proses untuk memisahkan uranium-235 dari uranium alam dan menentukan massa kritis bahan yang diperlukan untuk membuat bom semacam itu.

2 tahun setelah menikah, Oppenheimer ditunjuk sebagai direktur ilmiah Proyek Manhattan pada Juni 1942. Proyek itu bertujuan untuk mencari cara memanfaatkan energi nuklir untuk keperluan militer.

3 kota rahasia dipilih untuk menjadi bagian dari Proyek Manhattan; Oak Ridge, Los Alamos dan Hanford.

Oppenheimer mengawasi pembangunan dan administrasi laboratorium di Los Alamos. Setelah selesai, ia membawa para ahli fisika terbaik untuk mengerjakan cara membuat bom atom.

Pada akhirnya, Oppenheimer mengelola lebih dari 3.000 orang sambil menangani masalah teoretis dan mekanis yang muncul selama pembuatan bom.

Ledakan nuklir pertama terjadi di pangkalan udara Alamagordo pada 16 Juli 1945, diberi nama kode 'Trinity' oleh Oppenheimer. Ledakan itu setara dengan 20.000 ton TNT dan menciptakan bola api yang mencapai suhu beberapa juta derajat.

Hirosima dan Nagasaki, korban bom atom pertama di dunia

6 Agustus 1945, seorang pembom B-29 Amerika bernama Enola Gay menjatuhkan bom atom pertama di dunia ke kota Hiroshima, Jepang. Ledakan menewaskan sekitar 80.000 orang. Puluhan ribu lebih nantinya akan mati karena paparan radiasi.

3 hari setelahnya, bom atom lainnya dijatuhkan di Nagasaki, Jepang. Menewaskan 40.000 orang dan lebih banyak lagi dari waktu ke waktu. Serangan tersebut diyakini telah membuat Jepang menyerah dan mengakhiri Perang Dunia Kedua.

Oleh karena itu, karya Oppenheimer telah mencapai tujuan awalnya.

 

Warisan Oppenheimer dapat diringkas menjadi pertanyaan sederhana. Akankah bom itu menjadi pembawa kehidupan melalui tenaga nuklir dan energi berkelanjutan. Atau akankah warisan Oppenheimer pada akhirnya menjadi perusak dunia kita?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: