Muslim Harus Tahu! Ini Bacaan Doa untuk Pergantian Tahun Baru

Muslim Harus Tahu! Ini Bacaan Doa untuk Pergantian Tahun Baru

--

DISWAY.JOGJA - Tahun baru Islam merupakan salah satu momen spesial bagi umat Islam. Jika pergantian tahun baru masehi jatuh pada tanggal 1 Januari maka pergantian tahun Islam jatuh pada tanggal 1 Muharram.

Tahun ini, momen Tahun Baru Islam jatuh pada Rabu, 19 Juli 2023. Umat Islam akan beramai-ramai memperingati momen ini dengan berbagai cara yang menarik. Seperti mengadakan pawai hingga lomba-lomba Islami.

Namun, Ada satu hal yang tidak boleh dilewatkan saat pergantian tahun baru Islam, yakni melantunkan doa akhir dan awal tahun. 

doa ini dipanjatkan dengan harapan dimaafkan segala khilaf di 1 tahun terakhir dan mengharap keberkahan untuk 1 tahun mendatang.

Berikut bacaan doa akhir dan awal tahun baru Islam lengkap dengan arti dan waktu melafalkankannya:

1. doa Akhir Tahun

 اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَلَمْ تَرْضَهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ 

Arab latin:

"Allahumma maa'amiltu min 'amalin fii hadzihis sanati maa nahaitanii 'anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fiha 'alayya bi fadhlika ba'da qudratika 'ala 'uquubatii, wa da'autanii ilat taubati min ba'di jaraa'ati 'ala ma'shiyatik. Fa innii astaghfiruka, faghfirlii wa ma 'amiltu fihaa mimma tardha, wa wa'attanii 'alaihits tsawaba, fa'as'aluka an tataqabbala minnii wa la taqtha' raja'ii minka ya karim."

Artinya:

"Ya Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini termasuk yang Engkau larang sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Engkau maklumi karena kemurahanMu sementara Engkau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Engkau perintahkan untuk tobat sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakaiMu. Karenanya aku memohon ampun kepadaMu, ampunilah aku. Ya Tuhanku, aku berharap Engkau menerima perbuatanku yang Engkau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahalaMu. Janganlah pupuskan harapanku, wahai Tuhan Yang Maha Pemurah."

2. Doa Awal Tahun

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Arab latin:

"Allahumma antal abadiyyul qadiimul awwal. Wa 'alaa fadhlikal 'azhiimi wa kariimi judikal mu'awwal. Hadza 'amun jadidun qad aqbal. As'alukal 'ishmata fiihi minas syaithaani wa auliyaa'ih, wal 'auna 'ala hadzihin nafsil ammarati bis su'i, wal isytighaala bimaa yuqarribunii ilaika zulfaa, yaa dzal jalaali wal ikraam."

Artinya:

"Ya Tuhanku, Engkau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karuniaMu yang besar dan kemurahanMu yang mulia, Engkau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepadaMu dari bujukan iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolonganMu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. KepadaMu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmatMu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan."

 

Sebagaimana diketahui, doa akhir tahun dibaca 3x sebelum maghrib pada akhir tahun tanggal 29/30 Dzulhijjah. Doa ini merupakan wujud ampun kepada Allah atas segala salah yang yang telah dilakukan. Serta harapan diterimanya amal-amal baik yang diridai.

Selanjutnya, doa awal tahun dibaca 3x juga setelah maghrib pada awal tahun tanggal 1 Muharram. Karena, perhitungan tahun hijriah dimulai setelah terbenamnya matahari. Tidak seperti tahun Masehi yang berganti pada pukul 00.00.

Doa awal tahun ini dilantunkan dengan harapan mendapat keberkahan, serta terhindar dari segala keburukan ditahun yang baru.

Umumnya setiap musalla atau masjid akan mengadakan acara untuk membaca doa ini bersama-sama. Namun tidak ada salahnya jika kamu ingin membacanya sendiri. 

Yuk sempatkan untuk membaca kedua doa ini dan perbanyak amalan-amalan baik semata-mata karena Allah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: