Polder Bayeman Wisata Termurah yang berada di Kota Tegal, Kamu Wajib Coba!

Polder Bayeman Wisata Termurah yang berada di Kota Tegal, Kamu Wajib Coba!

Pintu Masuk Polder Bayeman--

DISWAY JOGJA – Polder Bayeman yang berada di Kelurahan Kaligangsa, Kecamatan Margadana, Kota Tegal, kini tengah menjadi tempat rekreasi baru warga sekitar. Meski masih banyak fasilitas yang belum tersedia, namun tak mengurungkan niat masyarakat untuk datang.

Di kelilingi taman dengan ragam tanaman rindang dan menyejukkan, membuat Polder Bayeman layak menjadi destinasi wisata baru di Kota Tegal. Apalagi di lokasi layaknya waduk itu, dipenuhi bermacam ikan yang bisa menjadi daya tarik bagi pemancing.

Masyarakat biasanya memanfaatkan ruang terbuka hijau (RTH) tersebut untuk menghilangkan penat, menyenangkan anak dan mengisi waktu luang.

Tak sedikit pula masyarakat yang memanfaatkan ruang publik tersebut untuk melakukan senam bersama.

 

Tiket masuk: Rp. 2000 (untuk jasa kebersihan)

Jam Buka: 24 Jam

Google Map: https://maps.app.goo.gl/E8PVW51hh4RnNqtJA

Tentang Waduk Polder Bayeman: Polder yang memiliki luas lahan hingga 6 hektare dengan kolam 3,9 hektare itu hampir tak pernah sepi saat pagi dan sore hari. Banyak warga sekitar memanfaatkan untuk menghabiskan waktu menunggu beduk magrib Area Polder Bayeman semakin Ramai, sejak keberadaan Taman Bacaan Bayeman (TBM) Indah didirikan September 2017 oleh Ipin, warga setempat. Banyak anak-anak sekolah berwisata sambil membaca. TBM sering dikunjungi ketika waktu libur sekolah dan saat usai jam pelajaran. Keberadaan TBM itu terus eksis sampai sekarang. Meski menggunakan rak sederhana namun koleksi buku cukup komplet dan menarik.

 

Seperti halnya Saimah (39) dan Indah Puspitasari (39) warga Kelurahan Krandon, Kota Tegal. Mereka sengaja mengajak anak dan keponakan untuk memanfaatkan waktu luang di sela-sela masa belajar dari rumah.

Menurutnya, tempatnya yang teduh membuat masyarakat yang berkunjung betah untuk berlama-lama menikmati semilir angin. Namun ia menyayangkan, Hutan Kota Polder Bayeman masih minim fasilitas, seperti tempat bermain anak, tempat duduk, musala dan toilet. "Harapannya ya supaya fasilitas permainan anak ditambah seperti jungkat-jungkit dan ayunan, terus musala dan toilet juga," kata Saimah.

Ia sendiri rutin ke Polder Bayeman untuk mengikuti senam bersama tiap dua pekan sekali.

"Setiap dua minggu sekali kesini, ada senam bersama gratis. Banyak masyarakat sekitar juga yang ikut senam," ucapnya. Selain itu, seorang penjaga Polder Bayeman Warjo (52) mengaku, pengunjung hutan kota tiap harinya terus bertambah. Terlebih saat weekend tiba, kawasan Polder Bayeman disesaki oleh pengunjung. Hal itu pun dimanfaatkan oleh para petugas untuk menariki uang kebersihan kepada pengunjung. Hasilnya pun digunakan untuk melengkapi fasilitas permainan anak.

"Dua bulan kita mulai tariki uang kebersihan. Bukan apa, uang yang terkumpul buat kita bikin ayunan. Hari Minggu kemarin baru kita pasang," katanya.

Ia menilai, jika semua fasilitas permainan lengkap dan ada tambahan hiburan, akan menambah minat masyarakat yang datang.

"Kebanyakan pengunjung yang datang menanyakan kursi. Ya memang di sini kursinya masih ala kadarnya, terbuat dari bambu dan kayu. Mudah-mudahan dibuatkan yang lebih layak dari pemerintah," ucapnya

Kemudian, di kawasan Polder Bayeman juga dibuatkan pembatas pengaman. Sebab, kedalaman embung atau Polder Bayeman mencapai tujuh meter.

Untuk mencegah tindak asusila, ia pun membubarkan pengunjung tiap mendekati waktu Maghrib.

"Kalau sudah mau Maghrib, kita suruh pulang. Supaya ngga digunakan untuk mesuk anak-anak muda," ungkapnya.

Tips berkunjung ke poder bayeman jangan berkunjung di tempat wisata ini pada jam mendekati magrib ataupun malam karena sangat rawan terjadi sesuatu

 

Nah, Itu dia wisata termurah dikota tegal, yang wajib kamu coba!.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ranahpesisir.com