Jangan Salah, Ini Waktu yang Tepat Minum Susu, Nomor 4 Anda Wajib Tahu!

Jangan Salah, Ini Waktu yang Tepat Minum Susu, Nomor 4 Anda Wajib Tahu!

Susu murni--

DISWAY JOGJA - Jangan Salah, Ini Waktu yang Tepat Minum Susu, Nomor 4 Anda Wajib Tahu. Susu merupakan sumber makanan yang kaya akan nutrisi penting, seperti kalsium dan mineral yang baik untuk kesehatan tulang. Selain itu, susu tinggi protein yang dapat membantu pembentukan otot serta menjaga daya tahan tubuh.

 

Susu juga mengandung segudang manfaat kalau kita rutin meminumnya. Manfaat-manfaat yang kita dapat diantaranya:

1. Memperkuat tulang

Kandungan kalsium yang banyak dapat membuat tulang kita menjadi lebih padat dan kuat ketika mengkonsumsi susu secara rutin. Sehingga dapat mengurangi kemungkinan kerapuhan tulang (osteoporosis) di masa yang akan datang.

2. Menjaga kesehatan jantung

Meskipun susu mengandung lemak, penelitian menunjukkan bahwa minum susu yang rendah lemak dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Susu yang rendah lemak mengandung lemak sehat seperti asam lemak tak jenuh ganda dan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung.

3. Memelihara kesehatan pencernaan

Susu mengandung laktosa dan bakteri baik, seperti probiotik, yang bisa membantu memelihara kesehatan saluran pencernaan. Probiotik dalam susu bisa memperbaiki keseimbangan kesehatan usus, meningkatkan pencernaan, serta mengurangi risiko gangguan pencernaan seperti diare dan sembelit.

4. Membantu berat badan agar tetap ideal

Minum susu juga bisa mendukung anda agar mendapatkan berat badang yang tetap ideal. Sebuah penelitian mengungkapkan, anak-anak yang meminum susu secara rutin mempunyai 38% risiko lebih rendah terkena obesitas daripada anak-anak yang tak meminumnya.

5. Menyediakan hidrasi

Kandungan utama susu yang terdiri dari air dapat berkontribusi pada kebutuhan cairan pada tubuh serta membantu memelihara hidrasi yang baik.

Namun tahukah anda, kapan waktu terbaik minum susu?

Dilansir dari hellosehat.com sampai saat ini belum ada ketentuan khusus kapan sebaiknya anda minum susu. Waktu saat minum susu tidak memengaruhi jumlah zat gizi yang akan anda dapatkan. Anda bisa meminumnya kapan saja, baik pagi, siang, sore, dan malam.

Meskipun demikian, minum susu di waktu-waktu tertentu dapat memberikan asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

1.     Sarapan pagi

Banyak orang yang memilih minum susu sebagai bagian dari sarapan pagi mereka. Minum susu saat pagi hari dapat memberikan energi yang tubuh butuhkan. Untuk memulai hari, susu memberikan nutrisi penting seperti kalsium, vitamin D, serta protein.

2.     Sebelum tidur

Beberapa orang juga minum susu sebelum tidur. Hal ini dikaitkan dengan efek menenangkan yang diberikan susu dan bisa menyebabkan tidur lebih nyenyak. Susu mengandung triptofan, asam amino yang dapat meningkatkan produksi serotonin dan melatonin, yang berperan dalam siklus tidur.

3.     Antara makanan

Anda juga dapat minum susu sebagai camilan antara makanan. Susu dapat memberikan rasa kenyang lebih lama karena proteinnya, sehingga dapat memelihara menjaga tingkat energi dan mengurangi keinginan untuk makan camilan lain yang tidak sehat.

4.     Setelah berolahraga

Waktu setelah olahraga merupakan saat terbaik untuk minum susu. Penelitian terbitan european journal of science (2019) mengemukakan bahwa susu sapi kaya akan protein yang dapat membangun massa otot dan mengurangi nyeri otot setelah melakukan olahraga.

Namun ternyata, tidak semua orang bisa mengkonsumsi susu sapi. Ada beberapa orang yang menghindari susu karena diet, alergi, intoleransi laktosa, atau pilihan gaya hidup. Tapi jangan khawatir, ada beberapa opsi pengganti susu yang tersedia. Beberapa pengganti susu yang umum adalah:

Susu nabati: Ada banyak variasi susu nabati yang tersedia seperti, susu kedelai, susu almond, susu oat, susu kelapa, dan susu beras. Susu nabati ini berasal dari cairan bahan-bahan nabati dan sering kali mendapatkan tambahan nutrisi seperti kalsium dan vitamin D.

Susu kacang-kacangan: Misalnya, susu almond, susu kacang tanah, atau susu kenari. Susu kacang-kacangan sering kali memiliki rasa yang khas dan kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Penting untuk membaca label dengan cermat dan memilih yang diperkaya dengan nutrisi seperti kalsium.

Susu biji-bijian: Contohnya, susu gandum atau susu jagung. Susu biji-bijian terbuat dari biji-bijian yang digiling dan diencerkan. Juga, pastikan memilih produk yang diperkaya dengan nutrisi penting.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: