Harga Kebutuhan Pokok di Gunungkidul Mulai Merangkak Naik

Harga Kebutuhan Pokok di Gunungkidul Mulai Merangkak Naik

Harga sejumlah bahan pokok di Kabupaten Gunungkidul merangkak naik karena dampak harga BBM naik. (FOTO: Instagram perdagangan_gunungkidul) --

GUNUNGKIDUL, DISWAYJOGJA.ID - Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) berdampak pada kenaikan harga sejumlah bahan pokok (sembako) di berbagai daerah, begitu juga di Kabupaten GUNUNGKIDUL.

Salah seorang pedagang di Pasar Argosari Wonosari Gunungkidul, Susi Sulistyowati mengatakan beberapa komoditas yang naik di antaranya cabai, bawang dan beras.

“Karena dampak harga BBM naik. Biaya transportasi bahan pokok juga meningkat,” katanya dikutip dari Antara, Senin 19 September 2022.

BACA JUGA:Biadab! Ayah Tiri di Yogyakarta Cabuli Anak Tirinya, Sempat Ngancam Juga

Dia merinci harga bawang putih yang biasanya Rp15 ribu menjadi Rp16 ribu. Kemudian bawang merah sebelumnya Rp20 ribu menjadi Rp21 ribu. Sedangkan untuk minyak goreng di tingkat eceran masih sama yakni sekitar Rp17 ribu.

Pedagang lainnya Sumarsih mengatakan untuk harga cabai dari yang sebelumnya Rp60 ribu per kilogram menjadi Rp75 ribu per kilogram.

Kepala Bidang Perdagangan Disdag Gunungkidul Hartini mengatakan kenaikan harga ini memang karena dampak kenaikan harga BBM.

BACA JUGA:Candi Prambanan Mulai Ramai Dikunjungi Wisatawan, Meski Belum Optimal Pasca Pandemi Covid-19

“Sejumlah bahan kebutuhan pokok memang ada kenaikan harga,” ujarnya.

Hartini mengatakan kenaikan harga ini masih wajar terjadi dan masyarakat supaya tak resah karena stok sejauh ini aman. “Untuk stok mencukupi dan aman,” ucapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: genpi.co