Viral! Masjid di Sragen Kadung Dirobohkan, Janji Dermawan Misterius Mau Sumbang Rp 1,3 M Malah Bureng

Viral! Masjid di Sragen Kadung Dirobohkan, Janji Dermawan Misterius Mau Sumbang Rp 1,3 M Malah Bureng

SRAGEN (Disway Jateng) – Masjid Al-Fatah di Dukuh Kowang, Ngargotirto, Sumberlawang, Sragen, Jawa Tengah, sudah kadung dirobohkan warga lantaran terbuai janji dermawan misterius.

Dermawan misterius yang disebutkan berasal dari Lampung menjanjikan bantuan uang Rp1,3 miliar. Namun kini kabarnya malah tak jelas.

Ketua panitia pembangunan Masjid Al-Fatah, Agus Pudiyono mengaku tidak mengenal siapa dermawan yang menjanjikan bantuan tersebut.

Bermula saat warga punya rencana merenovasi masjid karena ada beberapa titik yang sudah rusak. Seorang warga setempat kemudian mengaku sebagai orang dekat dermawan kaya raya dari Lampung. Dia meminta agar masjid kampung itu dirobohkan saja dan akan diganti dengan bangunan baru yang sepenuhnya akan ditanggung dana pembangunannya.

Hingga akhirnya, pada Februari 2022 lalu, warga kampung sepakat merobohkan masjid tembok yang cukup megah untuk ukuran kampung pedalaman di pinggir waduk raksasa Kedungombo tersebut.

Masjid yang merupakan pusat kegiatan ibadah umat Islam warga Kowang ini dirobohkan 1,5 bulan lalu sampai kini belum jelas kelanjutannya.

Agus Pudiyono, yang kini ditunjuk warga sebagai ketua pembangunan kembali masjid, menceritakan warga terbuai janji karena ada pihak yang mengaku akan membangunkan masjid baru.

“Dana yang dijanjikan untuk pembangunan masjid tersebut tak tanggung-tanggung, Rp 1,3 miliar. Warga kampung percaya begitu saja dengan omongan itu,” katanya.

Siapa dermawan Lampung itu tak jelas. Warga kampung tak ada yang kenal, kecuali lewat penceritaan ‘si orang dekat’ itu.

“Padahal sekali pun warga belum pernah bertemu dengan orang Lampung yang disebut-sebut tersebut,” kata Agus Pudiyono, Senin (4/4/2022).

Warga kampung yang lugu terbuai janji. Masjid lalu dirobohkan, rata dengan tanah.

Warga masih percaya ketika ‘si orang dekat’ meminta warga membuat rencana anggaran biaya (RAB) dan desain masjid yang dikehendaki.

Namun saat warga bertanya soal janji dana dari sang dermawan, tak ada jawaban. ‘Si orang dekat’ hanya bisa memberikan uang Rp 10 juta.

Ketua panitia pembangunan Masjid Al-Fatah, Agus Pudiyono, mengatakan setelah kasus tersebut menjadi viral, Minggu (3/4/2022) dia diihubungi seseorang yang mengaku sebagai ‘dermawan’ yang semula menjanjikan seluruh biaya untuk pembangunan ulang masjid baru, pengganti yang telah dirobohkan.

Agus juga mengaku semenjak awal pembicaraan pembangunan masjid hingga bangunan lama dirobohkan dan kasusnya menjadi viral seiring ketidakjelasan pengadaan dana.

Baru kemarin itu dia dihubungi oleh orang yang mengaku sebagai ‘pengusaha sukses dermawan’ tersebut.

Orang dalam telepon itu mengaku masih siap memenuhi janji yang pernah terucap.
“Kemarin pengusaha itu telepon saya. Baru kali ini saya dihubungi langsung oleh beliau, katanya akan bertanggung jawab dengan janjinya. Kemarin memberi tambahan Rp 15 juta,” kata Agus, Senin (4/4/2022).

Agus menyebut memberi tambahan karena sebelumnya, sang dermawan itu pernah menyumbang 10 juta lewat ‘orang dekatnya’.

Sumber: Pojoksatu.id
Editor: Ismail Fuad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: