Umat Islam di Sleman Antusias, Salat Ied Menyebar di 874 Lokasi

Umat Islam di Sleman Antusias, Salat Ied Menyebar di 874 Lokasi

SLEMAN (Disway Jogja) - Umat Islam di Sleman DIY sangat antusias menggelar salat Ied. Hingga saat ini, salat ied dipastikan akan digelar di 874 titik di seluruh Kabupaten Sleman. Salat Ied sendiri, akan digelar senin (2/5/2022).

874 lokasi salat ied terdiri dari masjid dan lapangan terbuka. Lokasi itu tersebar di 17 kapanewon (kecamatan-red).

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Sleman, Shavitri Nurmala Dewi mengatakan, meskipun cuaca di DIY termasuk Sleman masih kerap dilanda hujan, tak menyurutkan niat dan semangat umat Islam untuk menggelar salat ied.

Berbagai pembatasan pergerakan masyarakat yang sebelumnya diberlakukan, membuat umat sudah sedemikian rindu dengan salat ied.

"Tapi tetap kami imbau dan ingatkan agar masyarakat disiplin menjelaskan protokol kesehatan," kata Evi panggilan akrab Savitri, Minggu (1/5/2022).

Adapun detail pelaksanaan salat ied di Sleman adalah sebagai berikut. Untuk kapanewon Berbah salat ied berlangsung di 61 lokasi, Prambanan 61 lokasi, 81 lokasi, Seyegan 39 lokasi, Cangkringan 16 lokasi.

“Pakem 51 lokasi, Ngemplak 145 lokasi, Depok 76 lokasi, Moyudan 36 lokasi, Kalasan 20 lokasi, Turi 38 lokasi, Gamping 28 lokasi, Godean 32 lokasi, Sleman 74 lokasi, Minggir 22 lokasi, Ngaglik 25 lokasi dan Mlati 26 lokasi,” urainya.

Evi berharap, panitia pelaksanaan salat ied di masing-masing lokasi, memprioritaskan protokol kesehatan.

Takmir Masjid Agung Sleman, Agaerul mengatakan, pihaknya juga menyiapkan pelaksanaan salat ied yang akan dilaksanakan Senin (2/5/2022). Ia mengatakan, meskipun sdh PPKM level 2 dan ada pelonggaran-pelonggaran, namun panitia tetap mewajibkan jamaah mengenakan masker. Panitia juga menyediakan hand sanitizer.

"Kalau shaff sudah rapat. Bahkan salat fardhu pun shaf kami sudah rapat. Tapi kami tetap waspada. Masjid juga kami bersihkan dan kami sterelisasi dulu. Semoga semua lancar dan aman," katanya.

Untuk imam Ustadz Yusuf Ramadhan. Sedangkan khatibnya Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogya Prof. Dr.Phil. Al Makin, S.Ag., M.A. (wrj)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: