Sutjiati Narendra, Peraih Dua Medali Emas PON XX Papua Ini Mau ke Sea Games Pakai Dana Pribadi

Sutjiati Narendra, Peraih Dua Medali Emas PON XX Papua Ini Mau ke Sea Games Pakai Dana Pribadi

JAKARTA (DiswayJogja.id) - Sutjiati Narendra, atlet senam ritmik sedang jadi sorotan, karena pengakuannya terkait ajang Sea Games 2021/2022.

Sutjiati Narendra mengaku, tidak berniat menjatuhkan pemerintah. Sebagai atlet senam ritmik, dia menyadari bahwa olahraga ini belum bisa menjanjikan medali.

Senam ritmik, kata Sutjiati Narendra, juga belum populer di Indonesia. Padahal olahraga raga seperti ini membutuhkan dukungan.

Dalam pengakuannya, Sutjiati mengaku sempat berencana untuk berangkat menggunakan dana pribadi dan mengikuti Sea Games.

Hal itu, semata-mata demi pengalaman di ajang internasional. Dirinya sama sekali belum menargetkan medali.

Meski demikian, Sutjiati Narendra bukan atlet senam ritmik sembarangan. Di ajang PON XX Papua, dia membawa pulang dua medali emas.

“Saya ingin membantu atlet-atlet lain yang mengalami hal ini. Bahwa para atlet ini butuh dukungan dari pemerintah,” katanya.

 

Sutjiati Narendra, Atlet Senam Ritmik

Akan tetapi, rencananya menghadapi hambatan karena belum mendapatkan izin meskipun berangkat menggunakan uangnya sendiri.

Misalnya, kebijakan pemerimtah yang memberangkatkan cabang olahraga prioritas dan lainnya.

“Well, ya masuk akal sih (pemerintah hanya membiayai yang berprestasi), karena Suci belum pernah ikut Sea Games, tapi bahkan aku belum diberi kesempatan untuk mewakili Indonesia,” ucap Sutjiati Narendra dalam podcast Deddy Corbuzier.

Perempuan bernama Sutjiati Kelanaritma Narendra tersebut adalah seorang atlet keturunan blasteran Amerika yang lahir pada 13 Februari 2004 di negara bagian New York, Amerika Serikat.

Ayahnya merupakan orang Indonesia yang berdarah Lampung bernama Andy Febriant Narendra sedangkan ibunya merupakan orang Amerika bernama Christina Marie-Narendra.

Ia baru menjadi warga negara Indonesia saat ia pindah ke Lampung pada 2019 yang lalu saat ayahnya memutuskan untuk kembali pulang ke kampung halaman.

Karier Sutjiati sebagai atlet senam ritmik berawal dari keikutsertaannya dalam timnas Amerika Serikat dalam cabang olahraga (cabor) gymnastic.

 

Pernah Berlaga di PON

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: