Polres Tegal Kota Terjunkan Semua Satuan, Ada Apa...

Polres Tegal Kota Terjunkan Semua Satuan, Ada Apa...

TEGAL (Disway Jateng) – Untuk mengantisipasi terjadinya aksi tawuran selama Ramadan, Polres Tegal Kota akan menerjunkan semua satuan yang ada untuk menyisir lokasi rawan tawuran di wilayah hukum Kota Tegal.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat menyatakan, dengan adanya patroli rutin, diharapkan bisa mewujudkan suasana kondusif dan khusyuk selama Ramadhan. Seluruh personil akan dikerahkan untuk melaksanakan patroli, pengecekan, pemantauan dan pengawasan di masyarakat. Upaya tersebut akan lebih ditingkatkan di titik-titik rawan tindakan yang melanggar aturan, keramaian yang membunyikan petasan dan sejenisnya.

Dijelaskan Rahmad, persiapan selama ramadhan selain  melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) juga akan menerjunkan inteljen dan Binmas yang akan terus memantau kondisi di masyarakat. Upaya KRYD juga telah melaksanakan pengecekan disejumlah tempat yang disinyalir menjual miras, hingga didapat sejumlah miras.

"Termasuk menggelar operasi petasan atau mercon yang kerap membuat gaduh. Sehingga diharapkan suasana khusyuk selama ramadhan akan selalu terwujud," katanya.

Berkaitan dengan Kota Tegal yang sudah berada di level 1, AKBP Rahmad menjelaskan bahwa sudah ada kelonggaran untuk kegiatan keagamaan, tetapi Polres Tegal Kota tetap menghimbau masyarakat untuk tetap patuh protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak dan menghindari keramaian atau kerumunan. Ditegaskannya meski sudah level 1 jangan sampai masyarakat lengah, cuek dan abai.

"Jika masyarakat tidak peduli, maka justru hal tersebut akan menaikkan status Kota Tegal. Karenanya agar semuanya berjalan kondusif dan nyaman perlu didukung peran serta masyarakat," ungkapnya.

Sementara itu, terkait dengan potensi tawuran, Rahmad menjelaskan bahwa peluang dan potensi terjadinya tawuran saat ramadhan justu sangat tinggi, mengingat banyak kegiatan-kegiatan malam yang akan dilakukan anak-anak muda, seperti sahur on the road dan sejenisnya yang lebih berpotensi terjadinya gesekan antar kelompok. Upaya patroli rutin di jalanan kota dan titik rawan tawuran akan terus dimaksimalkan dengan menerjunkan personil inteljen yang akan terus memantau kelompok-kelompok yang kerap berbuat rusuh.

"Saya berharap selama ramadhan hingga lebaran nanti, akan selalu tercipta situasi yang kondusif, nyaman dan khusyuk. Kondisi yang baik tentunya akan langsung akan dirasakan oleh masyarakat khususnya masyarakat Kota Tegal," katanya.

Penulis : Maewan Dani Ristanto

Editor  : Sekhun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: