Jokowi Mudik ke Jogja, Ingatkan Pejabat Jangan Halalbihalal : Kita Masih Transisi dari Pandemi

Jokowi Mudik ke Jogja, Ingatkan Pejabat Jangan Halalbihalal : Kita Masih Transisi dari Pandemi

JAKARTA, (DiswayJogja) – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan ambil bagian untuk mudik Lebaran 2022.

Namun bukannya ke kampung halamannya di Solo, Jokowi mengaku, akan berlebaran di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jokowi akan melaksanakan salat Ied di Jogjakarta.

“Kalau saya mudik itu di Solo tapi saya enggak ke Solo, saya ke Yogya,” kata Jokowi dikutip dari fin.co.id, Senin, 25 April 2022.

Meski salat Ied di Jogja, Jokowi tidak melaksanakan halalbihalal.

Ia juga mengingatkan para pejabat agar tidak menggelar halalbihalal dan tidak menggelar acara yang mengumpulkan banyak orang.

“Halalbihalal terutama yang menyangkut banyak orang sebaiknya tidak dilaksanakan, terutama untuk pejabat,” katanya.

Jokowi juga menuturkan, jika diperbolehkannya mudik Lebaran kerana situasi yang mulai membaik.

Hanya saja, saat ini bukan berarti masyarakat sudah bebas dari Pandemi Covid-19, karena pemerintah belum menetapkan status endemi.

“Kasus harian sudah sangat rendah, karenanya mudik kita perbolehkan, tetapi tetap harus hati-hati,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan jika transisi dari pandemi ke endemi harus dilakukan secara hati-hati. “Mudik kita perbolehkan karena melihat angka-angka kasus harian sudah sangat rendah,” ujar Presiden Jokowi.

Jokowi tidak ingin terburu-buru seperti negara lain yang cepat menerapkan kebijakan lepas masker. Pemerintah akan melihat enam bulan ke depan selama masa transisi ini.

“Saya tidak ingin kayak negara-negara lain langsung buka masker, ndak. Ini masih masa transisi, kira-kira enam bulan kita lihat seperti apa, baru nanti silakan kalau di luar ruangan buka masker, kalau di dalam ruangan masih pakai masker,” jelasnya. (fin/diswayjateng)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: