Jadi Tuan Rumah Gerakan Kasih Ramadhan, Wabup Sleman Berharap Pariwisata Segera Pulih 

Jadi Tuan Rumah Gerakan Kasih Ramadhan, Wabup Sleman Berharap Pariwisata Segera Pulih 

SLEMAN (Disway Jogja) - Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa berharap sektor pariwisata di Sleman segera bangkit dan pulih. Hal ini sangat penting, sebab pariwisata menjadi sektor andalan bagi PAD di Sleman.

Harapan ini disampaikannya saat menghadiri acara Gerakan Kasih Ramadhan 2022, Senin (18/4/2022) sore. Sleman menjadi tuan rumah dari kegiatan yang diadakan oleh Badan Promosi Pariwisata Daerah DIY (BPPD DIY) dan Indonesia Council For Small Business (ICSB) DIY. 

Acara yang bertempat di Wana Jonggol Kapanewon Cangkringan ini mengangkat tema “Nomadic Tourism: Optimalisasi Konsep Baru Wisata Luar Ruang Untuk Semua Kalangan”.

Danang menyambut baik diadakannya acara tersebut di Kabupaten Sleman. Ia berharap sektor pariwisata di Kabupaten Sleman terus meningkat, setelah sebelumnya sempat terpuruk akibat pandemi dua tahun terakhir ini. 

"Di Sleman, pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan penyumbang PAD. Pada masa Covid-19 sektor pariwisata Sleman menjadi salah satu sektor yang terdampak, namun demikian perlahan sektor pariwisata Sleman kembali bergeliat," katanya.

Berdasarkan data yang dihimpun, Danang menyebut pada triwulan pertama 2022 terjadi peningkatan jumlah kunjungan dibanding triwulan tahun sebelumnya. Tercatat 1.096.128 wisatawan berkunjung ke Kabupaten Sleman sepanjang triwulan pertama 2022. Jumlah kunjungan ini meningkat sebesar 181,79% (389.187 kunjungan) dari triwulan tahun sebelumnya. 

Sementara Ketua BPPD DIY, GKR Bendara menyebut Gerakan Kasih Ramadhan ini dilakukan di 5 kabupaten/kota se-DIY guna meningkatkan sektor pariwisata. Di samping itu, lanjutnya, kegiatan ini juga merupakan gerakan sosial dengan tujuan mengumpulkan donasi bagi program pencegahan stunting dan konsumsi produk lokal UMKM dalam peningkatan ekonomi masyarakat.

"Terimakasih juga kepada Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih SCTV Indosiar yang telah membantu melaksanakan beberapa kegiatan, antara lain donor darah, vaksinasi booster, talkshow, workshop serta bazaar UKM," ujarnya. (wrj)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: