H+5 Lebaran, Penumpang KA Membludak

H+5 Lebaran, Penumpang KA Membludak

TEGAL (Disway Jogja) – Lonjakan arus balik baik kendaraan roda dua maupun empat mulai terlihat pada Minggu(8/5). Tak terkecuali pemudik yang menggunakan moda transportasi Kereta Api (KA). Bahkan memasuki H+5 Lebaran 1443 Hijriah, warga Kota Tegal dan sekitarnya yang menggunakan KA per hari ini mencapai 4613 penumpang.

Demikian dikatakan Manager Humas KAI Daops 4 Semarang Krisbiyantoro, saat dihubungi Radar.

Menurutnya pada hari Minggu (8/5) jumlah orang yang naik KA dari Stasiun Tegal, terbanyak bila dibandingkan dengan H+1 hingga H+4 Lebaran.

"Hari ini (kemarin-red) jumlah penumpang yang naik dari Stasiun Tegal mencapai 4613 orang. Sedangkan yang turun hanya 2857 orang," jelasnya.

Kris menyebut, pada H+ 4 jumlah penumpang yang naik hanya 4591, dan H+ 3 mencapai 4224, dan H+2 mencapai 4125, dan H+1 lebaran hanya 3946 penumpang.

"Artinya jika melihat arus balik lebaran, maka pada Minggu (8/5) ini, jumlah pemudik yang balik ke kota besar terbanyak dibandingkan hari sebelumnya," bebernya.

Kris menambahkan ini baru penumpang dari Stasiun Tegal saja. Belum stasiun lainnya seperti Pekalongan, hingga Semarang.

"Adapun persyaratan lengkap perjalanan menggunakan Kereta Api Jarak Jauh antara lain bagi yang sudah vaksin ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening Covid-19," ujarnya.

Sedangkan bagi yang baru vaksin kedua, sambungnya, wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen 1x24 jam atau tes RT-PCR 3x24 jam, dan yang baru vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam.

"Sementara itu bagi yang tidak atau belum divaksin dengan alasan medis, Kris mengingatkan yang bersangkutan wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam," ungkapnya.

Dan untuk pelanggan berusia 6-17 tahun yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen. (gus/wan)

Editor     : Sekhun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: