Alasan Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Boleh Diletakkan Di Kamar Mandi

Selasa 15-10-2024,09:28 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik menjadi salah satu peralatan yang hampir ada dalam setiap rumah tangga modern, karena memiliki peran yang penting.

Dengan fungsi merek mesin cuci terbaik yang memudahkan dalam pencucian pakaian, banyak orang yang mungkin berpikir untuk meletakkan mesin cuci di kamar mandi dengan alasan praktis.

Tetapi, meletakkan merek mesin cuci terbaik di kamar mandi sebenarnya bukanlah ide yang baik, dan dapat berpotensi menyebabkan beberapa masalah yang serius.

Meski menempatkan merek mesin cuci terbaik di kamar mandi kemungkinan terlihat praktis dan hemat ruang, tapi risiko yang ditimbulkan juga jauh lebih besar dibandingkan manfaatnya.

BACA JUGA:Daftar Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung Berbagai Brand, Kualitasnya Bagus dan Awet

BACA JUGA:Ingin Miliki Merek Mesin Cuci Terbaik Hemat Listrik dan Biaya, Berikut Tips Memilihnya

Berikut penyebab mesin cuci tidak boleh ditempatkan di kamar mandi :

1. Risiko Kelembaban Tinggi

Uap air dari mandi, terutama ketika memakai air panas, akan membuat semua ruangan jadi lembap. Bagian-bagian elektronik mesin cuci sangat sensitif terhadap kelembaban. Sehingga, kelembaban ini bisa merusak komponen mesin cuci dalam jangka panjang.

Kelembaban yang tinggi bisa menyebabkan karat pada bagian logam mesin cuci, komponen cepat aus, dan akhirnya akan mempengaruhi kinerja mesin. Komponen kelistrikan pada mesin cuci yang terkena air ataupun uap air dapat berakibat korsleting hingga kebakaran.

2. Bahaya Listrik dan Air

Apabila mesin cuci terpapar air, risiko terjadi korsleting atau sengatan listrik akan meningkat secara drastis yang bisa mengakibatkan kecelakaan fatal. Bahaya ini berlaku juga untuk siapa saja yang memakai kamar mandi.

3. Kondensasi pada Bagian Elektronik

Kondisi dalam kamar mandi yang lembab bisa menghasilkan pengembunan atau kondensasi. Kondensasi air di bagian elektronik bisa merusak mesin cuci dan membuat mesin cuci tidak berfungsi semestinya.

BACA JUGA:Daftar Merek Mesin Cuci Terbaik LG Kapasitas Besar, Cek Spesifikasi Lengkapnya

BACA JUGA:4 Rekomendasi Merek Mesin Cuci Terbaik, Hemat Listrik di Bawah 500 Watt

4. Mengurangi Umur Mesin Cuci

Mesin cuci yang berada di lingkungan yang tidak ideal akan mengalami kerusakan dengan lebih cepat, mungkin kamu mengganti atau memperbaikinya dengan lebih sering, yang tentunya akan memakan banyak biaya perawatan.

Selain itu, kelembapan bisa  mempercepat keausan komponen - komponen mesin cuci yang mengakibatkan mesin cuci tidak bisa berfungsi secara optimal dalam jangka yang panjang.

5. Potensi Pertumbuhan Jamur dan Bakteri

Jamur dan lumut bisa dengan mudah untuk berkembang di bagian mesin cuci yang berbahan karet, dan di area saluran air yang menghubungkan ke pipa kamar mandi.

Jamur yang tumbuh juga dapat membuat pakaian jadi bau bahkan terkontaminasi bakteri yang bahaya.

6. Masalah Ruang dan Ventilasi

Mesin cuci butuh cukup ruang dan ventilasi yang baik agar fungsinya bisa optimal. Ruangan sempit dan ventilasi yang kurang di kamar mandi bisa menyebabkan mesin cuci jadi bekerja lebih keras agar bisa tetap menjaga suhu internal, yang akhirnya akan memperpendek usia mesin.

BACA JUGA:Cara Menguras Lumut Di Merek Mesin Cuci Terbaik Pakai 4 Bahan Rumahan

BACA JUGA:Rekomendasi Merek Mesin Cuci Terbaik SAMSUNG 2 Tabung, Berikut Fitur dan Harganya

Kamar mandi seringnya tidak punya ventilasi yang memadai guna mengatasi pelepasan panas dan kelembapan dari mesin cuci, yang bisa menyebabkan kerusakan dinding dan plafon kamar mandi.

7. Kendala Penempatan Instalasi Pipa dan Listrik

Kamar mandi biasanya tidak dilengkapi instalasi pipa atau stopkontak yang pas untuk mesin cuci. Stopkontak di kamar mandi yang dekat dengan air juga akan meningkatkan risiko bahaya listrik.

Sehingga apabila kamu tetap ingin menaruh merek mesin cuci terbaikmu di kamar mandi, kamu harus memastikan kalau stopkontak sudah dilengkapi perangkat pemutus arus otomatis atau pelindung terhadap sengatan listrik (ground fault circuit interrupter - GFCI).

Meskipun begitu, tetap ada resiko, sebab kamar mandi bukan tempat yang cocok untuk peralatan listrik.

8. Hukum dan Regulasi Keamanan

Pada beberapa negara, salah satunya juga di Indonesia, ada sebuah peraturan tentang penempatan alat-alat listrik di lokasi yang keadaannya lembab seperti di kamar mandi.

BACA JUGA:Rekomendasi Merek Mesin Cuci Terbaik Front Loading Bisa Hemat Listrik dan Air, Cek Disini

BACA JUGA:Daftar Merek Mesin Cuci Terbaik Kapasitas 8 Kg untuk Rumahan, Kualitasnya Terjamin

Pada beberapa kasus, menempatkan mesin cuci di kamar mandi dapat melanggar regulasi keamanan yang berlaku.

Hal itu sebab alasan keamanan listrik dan risiko terjaidnya kebakaran yang dapat muncul akibat dari hubungan singkat ataupun korsleting di area yang lembap.

Oleh sebab itu, sebelum kamu menempatkan mesin cuci dalam kamar mandi, sebaiknya cek apakah hal tersebut diperbolehkan oleh peraturan bangunan dan juga keselamatan yang berlaku pada tempat tinggal kamu.

Itulah beberapa alasan merek mesin cuci terbaik tidak boleh diletakkan di dalam kamar mandi. Semoga bermanfaat.

Kategori :