Cara Merawat Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Jutaan Murah Agar Awet Selamanya

Senin 07-10-2024,15:31 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik menjadi salah satu peralatan elektronik yang sangat membantu kita dalam kehidupan rumah tangga sehari-hari.

Dengan adanya merek mesin cuci terbaik, pekerjaan mencuci pakaian jadi lebih mudah dan lebih cepat, sehingga kita bisa melakukan kegiatan yang lainnya.

Tetapi, tidak sedikit orang yang tidak memperhatikan perawatan merek mesin cuci terbaik sehingga mesin cuci jadi cepat rusak, bahkan apabila itu merupakan mesin cuci yang termasuk murah di harga 1 jutaan.

Meskipun murah, dengan dilakukannya perawatan yang tepat, merek mesin cuci terbaik kamu bisa bertahan lama dan bisa bekerja secara optimal.

BACA JUGA:Boleh Pakai Merek Mesin Cuci Terbaik, Begini Cara Mencuci Baju Batik Agar Tidak Luntur

BACA JUGA:9 Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Bocor, Bergini Cara Mengatasinya

Berikut ini cara merawat mesin cuci 1 jutaan :

1. Baca Manual Pengguna dengan Seksama

Setiap mesin cuci mempunyai fitur dan mekanisme yang beda-beda, jadi penting bagi kamu untuk memahami cara kerja mesin cuci kamu.

Selain itu, biasanya manual pengguna akan memberikan panduan spesifik mengenai cara merawat dan membersihkan mesin cuci, serta yang perlu diperhatikan supaya tidak terjadi kerusakan.

2. Gunakan Deterjen Sesuai Takaran

Pemakaian deterjen yang berlebih justru bisa merusak mesin cuci. Sisa deterjen yang tidak larut akan melekat di komponen mesin cuci, terutama di bagian drum dan di saluran pembuangan, lalu lama-kelamaan bisa menyumbat mesin cuci dan merusaknya.

3. Jangan Melebihi Kapasitas Mesin

Apabila kamu terlalu sering mencuci pakaian dengan melebihi kapasitasnya, itu bisa menyebabkan beban yang berlebih di motor dan komponen mekanis yang lainnya.

Memaksakan mesin cuci bekerja dengan kapasitas berlebih dapat mempercepat kerusakan dan hasil cucian juga tidak bisa maksimal sebab pakaian tidak bisa bergerak bebas dalam drum.

BACA JUGA:Berbagai Masalah Pada Merek Mesin Cuci Terbaik Top Loading, Pertimbangkan Sebelum Membeli

BACA JUGA:Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Menyebabkan Baju Jadi Lecek, Begini Cara Mengatasinya

4. Bersihkan Filter Secara Rutin

Mesin cuci dilengkapi filter yang fungsinya menyaring serat kain, kotoran, dan partikel lainnya yang terlepas dari pakaian saat berlangsungnya proses mencuci.

Filter ini perlu dibersihkan dengan rutin, minimal satu kali sebulan, supaya merek mesin cuci terbaik tetap berfungsi dengan baik.

Apabila filter terlalu penuh kotoran, air tidak akan mengalir lancar dan bisa berpengaruh pada kinerja mesin cuci keseluruhan.

Cara membersihkan filter, kamu hanya perlu melepasnya, lalu bersihkan pakai air bersih dan sikat yang halus, kemudian pasang kembali.

5. Jaga Kebersihan Bagian Luar dan Drum Mesin Cuci

Tiap beberapa minggu sekali, bersihkan drum pakai air panas dan sedikit cuka ataupun baking soda. hal ini untuk membantu menghilangkan jamur, bakteri, dan sisa deterjen yang kemungkinan menumpuk dalam drum.

Bersihkan juga di bagian luar mesin cuci. Residu dari deterjen, kotoran, debu dapat menimbun di permukaan mesin cuci dan apabila tidak dibersihkan berkala bisa masuk ke mesin cuci.

BACA JUGA:Cara Kerja Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung

BACA JUGA:Tips Efektif Mencuci Baju Bayi Menggunakan Merek Mesin Cuci Terbaik

6. Gunakan Mode "Dry Spin" dengan Bijak

Mode pengeringan atau dry spin yaitu salah satu fitur di mesin cuci yang paling sering dipakai. Tetapi, sering kali kamu terlalu sering memaksimalkan putaran yang tinggi saat proses pengeringan.

Meski hal ini membantu pakaian jadi lebih cepat kering, tapi tekanan yang berlebih pada motor penggerak akibat dari putaran tinggi yang terlalu sering bisa membuat komponen mesin cuci cepat aus.

Pakai mode pengeringan ini ecara bijak, dan apabila memungkinkan, jemur pakaian dengan cara alami guna mengurangi beban kerja dari mesin cuci.

7. Tempatkan Mesin Cuci di Tempat yang Tepat

Pastikan mesin cuci berada di tempat yang datar dan juga stabil guna menghindari dari terjadinya getaran yang berlebihan ketika mesin cuci beroperasi.

Getaran mesin cuci yang terlalu kuat dapat membuat komponen internal dari mesin cuci rusak, terutama apabila mesin cuci terletak di permukaan tidak rata.

Hindari juga menempatkan mesin cuci di lokasi yang lembab atau terpapar sinar matahari langsung. Kelembapan yang tinggi bisa menyebabkan karat di logam mesin, sedangkan paparan sinar matahari langsung dapat merusak komponen plastik pada mesin cuci.

BACA JUGA:Penyebab Dan Cara Mengatasi Merek Mesin Cuci terbaik Yang Boros Air

BACA JUGA:Bahaya Merendam Pakaian Terlalu Lama Di Merek Mesin Cuci Terbaik

8. Secara Berkala Cek Selang dan Sambungan Air

Cek rutin apakah terdapat retakkan, kebocoran, ataupun kerusakan selang dan sambungan. Apabila ada tanda-tanda sebuah kerusakan, maka harus segera diganti dengan yang baru untuk mencegah terjadinya kebocoran air yang dapat menyebabkan kerusakan yang lebih lanjut pada mesin cuci atau banjir di area laundry kamu.

Selain itu, pastikan kalau selang tidak tertekuk ataupun terjepit sebab bisa menghambat aliran air dan kinerja mesin akan terpengaruh.

9. Matikan dan Cabut Mesin Cuci ketika Tidak dipakai

Hal ini untuk melindungi mesin cuci dari lonjakan listrik yang bisa membuat komponen elektroniknya rusak dan juga untuk menghemat listrik.

10. Service Berkala

Setiap 6 bulan sekali atau satu tahun sekali, bawa lah mesin cuci kamu ke teknisi guna dilakukan pengecekan dan pembersihan secara menyeluruh.

Hal ini untuk membantu mendeteksi adanya masalah lebih awal dan untuk memperpanjang umur mesin cuci kamu.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat merek mesin cuci terbaik 1 jutaan agar awet selamanya. Semoga bermanfaat.

Kategori :