Arti Rinse Merek Mesin Cuci Terbaik, Ini Fungsi Dan Cara Menggunakannya

Jumat 04-10-2024,15:35 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Pada merek mesin cuci terbaik, istilah rinse atau biasa disebut dengan bilas merupakan salah satu tahap penting siklus pencucian yang dibuat guna membersihkan sisa deterjen dari pakaian sesudah tahap pencucian utama.

Setelah pakaian selesai dicuci di merek mesin cuci terbaik dengan deterjen, masih terdapat residu sabun yang menempel di serat kain.

Proses bilas akan memastikan kalau residu tersebut dikeluarkan sehingga akan membuat pakaian yang dicuci dalam merek mesin cuci terbaik jadi bersih dan terbebas dari bahan kimia yang bisa menyakibatkan iritasi kulit.

Proses pembilasan dimulai dengan tabung merek mesin cuci terbaik diisi dengan air yang bersih. Kemudian pakaian diputar dalam air ini guna melonggarkan dan menghilangkan deterjen yang tertinggal.

BACA JUGA:Cara Efektif Menghilangkan Jamur Di Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA:Cara Pakai Merek Mesin Cuci Terbaik Front Loading

Setelah itu, merek mesin cuci terbaik akan mengosongkan air tersebut dan mengulangi proses ini beberapa kali tergantung pengaturan mesin cuci dan keperluan kebersihan pakaian.

Beberapa merek mesin cuci terbaik modern juga dilengkapi fitur bilas tambahan atau intensif yang bisa dipilih apabila penggunanya merasa perlu memastikan bahwa pakaiannya benar-benar bebas residu deterjen.

Berikut ini beberapa fungsi dari fitur rinse di mesin cuci :

1. Menghilangkan sisa deterjen

Fungsi utama dari fitur bilas yaitu untuk menghilangkan sisaan deterjen ataupun sabun yang terjebak di serat kain pakaian setelah tahap pencucian.

Deterjen yang tidak terbilas bisa menyebabkan alergi dan iritasi kulit. Dengan adanya bilasan yang cukup, mesin cuci akan memastikan pakaian yang dicucinya benar-benar bersih dari bahan kimia, sehingga bisa menjaga kesehatan kulit penggunanya.

BACA JUGA:Cara Efektif Menghilangkan Jamur Di Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA:Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Mau Dibuka Manual, Ini Solusinya

2. Menyegarkan pakaian

Proses bilas bisa membantu menyegarkan pakaian dengan cara membilas bau yang kemungkinan tertinggal setelah pencucian.

Air bersih yang dipakai dalam proses bilas akan menghilangkan bau deterjen dan juga kotoran yang terlepas selama pencucian. Sehingga pakaian yang keluar dari mesin cuci memiliki aroma yang lebih segar dan enak digunakan.

3. Mengurangi kusut

Proses bilas akan mengendurkan serat kain dan membantu dalam menghilangkan sisa-sisa kotoran yang mungkin menempel setelah proses pencucian. Sehingga pakaian yang dicuci jadi lebih gampang untuk disetrika dan saat pakaian digunakan juga jadi lebih nyaman.

4. Persiapan mengeringkan pakaian

Bilasan terakhir seringnya diikuti dengan putaran yang membantu membuat air yang berlebih dari pakaian dikeluarkan. Hal ini bisa mengurangi waktu pengeringan dan memastikan kalau pakaian kondisinya tidak terlalu basah ketika dipindahkan ke dalam mesin pengering atau dijemur, sehingga akan mempercepat proses pengeringan dan mengurangi risiko bau apek.

Berikut ini langkah - langkah memakai fitur rinse di mesin cuci :

1. Pertama, hidupkan merek mesin cuci terbaik dan pilih program bilas (rinse) sesuai instruksi di panel kontrol mesin cuci kamu.

BACA JUGA:Tips Membersihkan Bekas Noda Pakaian Dengan Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA:Cara Menghilangkan Debu Merek Mesin Cuci Terbaik, Tidak Cukup Dilap Saja

2. Tambahkan pewangi atau pelembut pakaian di dalam dispenser yang biasanya letaknya ada di laci deterjen.

3. Jangan lupa untuk menyetel jumlah bilasan. Apabila mesin cuci kamu mempunyai opsi untuk mengatur jumlah bilasan, maka pilihlah jumlah bilasan yang diinginkan guna memastikan pakaian kamu terbebas dari sisa deterjen.

4. Tekan tombol mulai (start) untuk mulai siklus bilas. Kemudian mesin cuci akan mengisi air yang bersih dan beberapa siklus pengisian serta pengosongan akan dijalankan.

5. Setelah program bilas telah selesai, lalu mesin cuci dibuka dan pakaian yang telah bersih dan wangi bisa dikeluarkan.

Itulah penjelasan mengenai arti rinse pada merek mesin cuci terbaik, serta fungsi rinse dan cara menggunakan fitur rinse. Semoga bermanfaat.

Kategori :