Cara Mengatur Warna Smart TV Terbaik LG Menjadi Normal Mudah dan Cepat

Rabu 25-09-2024,12:26 WIB
Reporter : Dikana Alfina
Editor : Syamsul Falaq

Jika Anda ingin melakukan cara ini dengan menggunakan remote, Anda meneka tombol  Home/Start/Setting pada remote TV.  Pilih Setting dan pilih General kemudian pilih  About This TV lakukan  Check for Update.

Namun jika cara di atas kurang efektif, Anda bisa melakukannya tanpe remote. T ekan tombol Power kurang lebih selama 10 detik dan c abut kabel daya televisi dari stopkontak kemudian tunggu  beberapa saat sampai TV benar-benar dalam keadaan mati. Selanjutnya, t ancapkan kembali kabel daya lalu nyalakan televisi.

Mengganti IC Chroma

Apabila dengan melakukan reset ke pengaturan pabrik masih belum ada perubahan, kemungkinan  yang jadi penyebabnya karena IC Chroma yang rusak.

Jika memang IC Chroma yang jadi penyebab, bisa diganti dengan yang baru dan pastikan  jenisnya sama dengan komponen yang lama supaya hasilnya tidak mengecewakan.  

Anda bisa menggnati IC Chroma sendiri atau membawa unit smart TV terbaik dari LG ke  tempat service televisi supaya bisa ditangani dengan tepat.

BACA JUGA : Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Smart TV Terbaik Brand LG Sebelum Membelinya

BACA JUGA : Perbandingan Kualitas Smart TV Terbaik Samsung Dan LG

Mengganti RGB

Penyebab smart TV LG mengalami perubahan warna yaitu karena t ransistor RGB yang mati, komponen i ni adalah rangkaian terakhir yang akan mengolah sinyal warna sebelum ke layar lewat terminal katoda. 

Jika demikian,  bisa dilakukan pengukuran pada setiap terminal katoda supaya bisa mengetahui besarnya tegangan.   Namun, jika ada satu terminal yang tidak sama, bisa melakukan disorder ulang pada retakan yang ada di terminal transistor.  

Apabila saat pengecekan kondisi RGB mati, tidak ada cara lain karena harus diganti dengan yang baru. Setelah diganti yang baru umumnya televisi akan kembali normal dan menampilkan warna yang bagus.

Membersihkan Karat

Warna smart TV LG berubah juga bisa disebabkan kondisi soket tabung yang berkarat yang menyebabkan tegangan dari RGB tidak bisa bekerja dengan maksimal.

BACA JUGA : Saatnya Beralih ke Smart TV Terbaik 32 Inchi LG, Rasakan Menonton dengan Nyaman

BACA JUGA : Perbedaan Smart Tv Terbaik Samsung Tizen VS Android Tv Dan LG WebOS

Kategori :