Merek Mesin Cuci Terbaikmu Tidak Menyala Hanya Suara Dengung Saja, Simak Penyebabnya

Senin 09-09-2024,10:25 WIB
Reporter : Yuni Khaerunisa
Editor : Syamsul Falaq

Produk merek mesin cuci terbaik yang dijual di pasaran semuanya sudah dibekali dengan kapasitas atau batas maksimal beban cucian yang harus ditampung.

Adapun gejala yang bisa menjadi pertanda jika beban mesin cuci terlalu berat adalah mesin cuci tidak mau berputar dan hanya mengeluarkan suara berdengung saja serta putarannya terlihat sangat lemah.

Jika kamu merasa pakaian yang kamu masukkan ke dalam tabung terlalu banyak atau bahkan melebihi kapasitas dari mesin cuci itu sendiri, sebaiknya untuk mengurangi pakaian tersebut.

Caranya dengan mengambil sebagian cucian yang ada di dalam tabung dan sekiranya ukurannya cukup berat untuk dicuci di mesin cuci, seperti celana jeans, jaket tebal, bed cover atau lainnya.

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Mengeluarkan Bau Karet Terbakar, Ini Solusinya

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Dinamo Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Berdengung

Setelah sudah dikurangi jumlah cuciannya, kamu bisa coba perhatikan reaksi dari mesin cuci tersebut.

Apakah mesin cuci kamu kembali berjalan dengan normal atau tetap tidak mau jalan dan hanya mengeluarkan suara berdengung saja.

Jika masih tetap, akan lebih baik jika kamu menghubungi atau memanggil tukang servis untuk menanyakan kerusakan yang kamu alami dan bagaimana cara untuk mengatasinya agar kembali normal.

3. Kapasitor Rusak

Penyebab mesin cuci tidak mau menyala dan hanya mengeluarkan berdengung saja selanjutnya yang tidak boleh kamu abaikan adalah kapasitor yang rusak atau terbakar.

Kondisi kerusakan ini bisa terjadi karena usia pakai yang terlalu lama atau bisa juga karena adanya hubungan arus pendek yang membuat kapasitor mesin cuci tersebut meleleh.

Jika dilihat secara fisik, kapasitor merek mesin cuci terbaik yang rusak bisa kamu lihat dari adanya kecacatan pada bagian bodinya.

BACA JUGA : Mengulas Perbedaan Merek Mesin Cuci Terbaik 1 dan 2 Tabung, Jangan Keliru

BACA JUGA : Cara Menggunakan Merek Mesin Cuci Terbaik Otomatis yang Benar, Panduan Praktis Untuk Pemula

Kamu membutuhkan alat ukur yang bernama AVO Meter untuk memastikan kerusakan pada kapasitor mesin cuci.

Kategori :