Rumor Dalam Pengambilan KPR Yang Sering Terdengar

Minggu 08-09-2024,17:34 WIB
Reporter : Tri Diah Aprilia
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com – Pengambilan kpr terkadang cukup menakutkan karena adanya rumor yang membayang. Beragam informasi buruk seketika hadir tanpa permisi dan buat diri panik.

Namun terkadang, gak semua informasi tentang pengambilan kpr benar. Banyak mitos belaka yang sebenarnya hanya sebagai pengingat nasabah agar membayar tepat waktu.

Gak jarang beberapa hal menyeramkan terngiang waktu pengambilan kpr. Bahkan KPR Academy bersedia membahas perincian mengenai mitos yang ada.


pentingnya memahami kemampuan diri waktu pengambilan kpr-Freepik-

- Rumor jika tabungan banyak peluang kpr besar

Hal ini sebenarnya tidak begitu salah, karena tabungan bisa menunjang pinjaman. Namun pada dasarnya, perlu adanya pengecekan track record sebelum peminjaman disetujui.

Jikalau memang tabungan banyak, tapi track record pada SLIK OJK kurang baik. Pastinya hal ini akan berdampak pada pengajuan yang gagal.

Dalam kemudahan bank memberikan pinjaman sebenarnya dilihat dari beberapa kriteria. Seperti karakter nasabah, Kapasitas nasabah, kapital, kondisi, sampai collateral.

BACA JUGA : Strategi Mendapatkan Passive Income Lewat Pengambilan KPR

BACA JUGA : Hak Guna Bangunan Penting Dalam Pengajuan KPR 2024

- Kpr turun jika gaji besar 

Idealnya untuk keuangan yang aman memang pemasukkan sebaiknya tinggi. Dengan begitu pembayaran angsuran bulanan tidak terasa berat.

Sebab persetujuan bank tetap mengikuti persyaratan dan ketentuan yang berlaku waktu pengajuan. Baik dari data nasabah yang ada, sampai berkas yang diberikan.

- Kpr tidak berlaku bagi pendapatan rendah

Jangan salah, dalam pengajuan kpr bisa diambil untuk orang yang berpenghasilan umr. Dengan syarat bisa mengalokasikan dana sepertiga dari pendapatan.

Kategori :