Ketua DPRD Sementara Galuh Ghibran Siap Fasilitasi Pembentukan Fraksi dan AKD

Kamis 05-09-2024,13:44 WIB
Reporter : M. Fatkhurohman
Editor : M. Fatkhurohman

SLAWI, diswayjogja.com  – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sementara Kabupaten Tegal Galuh Ghibran Bisri SH siap memfasilitasi terbentuknya fraksi-fraksi hingga alat kelengkapan DPRD (AKD). Hal itu diungkapkan saat ditemui wartawan di kantornya, Kamis, 5 September 2024.

Menurut Galuh, sebagai pimpinan DPRD sementara, pihaknya punya kewajiban untuk memfasilitasi pembentukan fraksi-fraksi. Pihaknya hingga kini belum mengetahui akan ada berapa jumlah fraksi yang terbentuk di DPRD Kabupaten Tegal. 

BACA JUGA:20 Wajah Baru Anggota DPRD Siap Dilantik, Formasi Pimpinan Tetap : PDI P, Gerindra, PKB, Golkar

”Sampai tanggal 10 September 2024 nanti, dari beberapa partai partai yang masuk parlemen akan menyetorkan nama-nama fraksi. Setelah itu, dua atau tiga hari akan dirapatkan dan dibentuk fraksi,” ungkapnya.

Galuh menjelaskan, setelah fraksi-fraksi di DPRD terbentuk, kemudian dilanjutkan pembentukan tata tertib DPRD. Tata tertib DPRD ini sangat penting. Sebab, sebagai pedoman atau acuan dalam melaksanakan aktivitas terkait tugas, fungsi dan peran DPRD. ”September ini harus sudah dibentuk tata tertib DPRD yang baru untuk kedepan,” ujarnya.

Galuh memperkirakan, AKD akan dibentuk setelah ada penentuan ketua DPRD Definitif. Dimana ketua DPRD definitif akan ditentukan oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sebab, PKB merupakan partai politik pemenang pemilu dengan jumlah 17 kursi DPRD Kabupaten Tegal. ”Kita tunggu saja siapa ketua definit nanti. Beberapa nama sudah muncul,” ungkapnya.

BACA JUGA:Anggota DPRD Kota Tegal Minta Insentif Kader Kesehatan Dinaikkan

Saat ditanya, apakah siap untuk jadi ketua DPRD definitif, Galuh mengaku siap, meskipun semuanya tetap diserahkan kepada partai. ”Siapapun yang dipilih partai, harus dihormati. Kalau ternyata saya, ya saya siap. Sebab, PKB adalah partai pemenang,” ujarnya.

Kategori :