Cara Membersihkan Area Dalam Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Baking Soda

Rabu 04-09-2024,08:42 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Membersihkan di area dalam merek mesin cuci terbaik dengan teratur sangat penting untuk memastikan kalau mesin cuci kamu tetap berfungsi dengan optimal dan pakaian kamu akan tetap bersih.

Bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan merek mesin cuci terbaik dengan efektif salah satunya yaitu baking soda.

Baking soda merupakan bahan alami yang secara efektif dapat membersihkan berbagai jenis permukaan termasuk pada merek mesin cuci terbaik.

Baking soda mempunyai sifat abrasif lembut yang dapat membantu menghilangkan noda, kotoran, dan residu yang menumpuk di bagian dalam merek mesin cuci terbaik.

Selain itu, baking soda juga mempunyai sifat desinfektan yang mampu membantu menghilangkan jamur dan bakteri yang bisa berkembang di dalam merek mesin cuci terbaik.

BACA JUGA : Cara Efektif Mengatasi Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Bau Gosong

BACA JUGA : Cara Efektif Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Menguning

Berikut ini cara membersihkan mesin cuci menggunakan baking soda :

1. Persiapan

Pastikan keadaan mesin cuci mati dan cabut stekernya dari sumber listrik untuk menghindari terjadinya kecelakaan. Bersihkan bagian luar mesin cuci terlebih dahulu menggunakan kain yang lembap dan deterjen yang ringan untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel.

2. Pakai Baking Soda

Untuk membuat larutan, campur sekitar 1/4 sampai 1/2 cangkir baking soda dan air hangat. Pastikan kalau baking soda tersebut larut sepenuhnya di dalam air sehingga akan membentuk pasta kental.

3. Pembersihan Drum

Pakai pasta baking soda yang telah kamu gunakan untuk membersihkan drum mesin cuci. Oleskan pasta dengan merata ke semua bagaian dalam drum mesin cuci.

Pakai sikat gigi yang sudah tidak lagi terpakai atau kain yang lembut untuk menggosok bagian permukaan drum secara kesleuruhan. Fokuslah di area yang kotor ataupun berlumut, seperti area lipatan atau celah dalam drum.

BACA JUGA : Cara Efektif Membersihkan Lumut Di Sela-Sela Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Otomatis Yang Error

4. Pembersihan Dispenser dan Filter

Lepas dispenser deterjen dari mesin cuci. Bersihkan dispenser menggunakan larutan baking soda yang telah kamu bikin, pastikan kamu bersihkan setiap lubang dan sisi secara teliti.

Cek filter mesin cuci dan bersihkan menggunakan sikat berukuran kecil atau kain yang bersih yang dicelupkan ke larutan baking soda. Pastikan kamu hilangkan seluruh kotoran dan residu yang ada pada filter.

5. Pembersihan Seal Karet

Cek seal karet yang ada di sekitar pintu mesin cuci untuk melihat apakah terdapat tumpahan deterjen atau ada kotoran yang lainnya.

Pakai kain yang lembab dan baking soda untuk membersihkan bagian seal karet secara keseluruhan. Pastikan ukamu bersihkan ecara lembut dan teliti, khususnya pada area yang sulit untuk dijangkau.

6. Pembersihan Pintu dan Bagian Luar

Bersihkan juga bagian pintu mesin cuci serta di bagian luar menggunakan kain lembab dan larutan baking soda. Pastikan kamu hilangkan noda dan kotoran yang ada pada permukaan pintu dan di luar mesin cuci.

BACA JUGA : Tips Mencuci Pakaian Di Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Wangi Berhari-Hari

BACA JUGA : Cara Mengatasi Mesin Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Nyetrum

7. Bilas dan Keringkan

Setelah semua bagian dalam dan luar mesin cuci telah dibersihkan menggunakan baking soda, bilas menggunakan kain lembab yang bersih untuk menghilangkan sisa dari baking soda.

Biarkan seluruh bagian mesin cuci kondisinya terbuka dan keringkan dengan alami sebelum digunakan lagi.

Untuk membersihkan di area yang kondisinya sangat kotor atau berlumut, kamu bisa meningkatkan konsentrasi baking soda di dalam larutan.

Selain itu, kamu juga dapat meninggalkan pasta baking soda di area tersebut selama beberapa saat sebelum kamu membersihkannya.

Lakukan pembersihan di area dalam merek mesin cuci terbaik menggunakan baking soda dengan teratur, idealnya tiap 1 sampai 2 bulan sekali, tergantung seberapa sering mesin cuci dipakai.

Pastikan juga untuk melekukan pembilasan pada mesin cuci secara menyeluruh setelah memakai baking soda.

Hal tersebut bertujuan untuk menghindari dari residu yang masih tersisa dan mencegah munculnya bau yang tidak sedap pada cucian selanjutnya.

 BACA JUGA : Masalah Kerusakan Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung Sering Terjadi Dan Solusi Mengatasinya

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Keluar Air Dari Bawah, Begini Cara Mengatasinya

Dengan mengikuti beberapa langkah di atas, kamu bisa membersihkan area dalam mesin cuci dengan efektif memakai baking soda.

Hal ini merupakan cara yang mudah, ramah lingkungan, dan murah untuk menjaga mesin cuci kamu agar tetap bersih, terbebas dari bakteri, serta lebih awet. Semoga bermanfaat.

Kategori :