Perang Harga KPR Antara Bank BUMN Dengan Bank Swasta

Minggu 01-09-2024,15:33 WIB
Reporter : Tri Diah Aprilia
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com – Perang harga kpr sampai mendapatkan kritik dari Menteri PUPR Pak Basuki Hadimuljono. Beliau memaparkan mahalnya bunga kpr non subsidi yang diberikan bank BUMN.

Tepatnya waktu dibandingkan dengan bank swasta, dari sana telihatlah perbedaan. Mulai muncul perang harga kpr yang sangat terlihat dan cukup terasa.

Mengutip dari CNN waktu pertemuan 23 Agustus 2024 perang harga kpr ditegaskan oleh pak Basuki. Beliau membandingkan suku bunga kpr Mandiri sebesar 9%, sedangkan suku bunga BCA hanya 5%.

Seperti yang kita tahu, BCA merupakan bank swasta yang cukup terkenal di Indonesia. Dan Bank Mandiri merupakan bank BUMN yang mendapati kritik perang harga kpr.

Harapan ke depan tetang perang harga kpr

- Berupaya unruk menurunkan suku bunga kpr

Selaku Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Basuki berupaya adanya perubahan. Adanya fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan atau yang dikenal FLPP menjadi program yang cukup diandalkan.


Pak Basuki Hadimuljono-Dokumentasi Kementerian PUPR-

Dengan menurunkan suku bunga kpr mungkin bisa meringankan masyarakat dalam kepemilikan rumah. Bahkan beliau menyebutkan program pemerintahan yang berhasil membantu banyak orang.

BACA JUGA : Pengajuan KPR 2024 Ditolak, Berikut Penyebabnya

BACA JUGA : Tips Terbebas Dari Developer Bodong Pada Pengajuan KPR 2024

- Program pemerintahan yang berlalu

Program sejuta rumah atau yang dikenal dengan PSR sudah dirancang pak Joko Widodo dari 2015. Seiring berjalannya waktu banyak masyarakat yang bisa menikmati layaknya rumah.

Dari program pemerintahan ini tercatata pada Juli 2024 sudah mencapai 59% lebih. Sudah laku 617 ribu rumah dengan rincian 484 ribuan diambil masyarakat berpenghasilan rendah.

Sedangkan sisanya diangka 133 ribuan sudah dirasakan masyarakat tidak berpenghasilan rendah. Adanya antusias yang cukup tinggi tentu menjadi upaya Pak Basuki untuk menurunkan bunga.

Kategori :