Perang Harga KPR Antara Bank BUMN Dengan Bank Swasta

Minggu 01-09-2024,15:33 WIB
Reporter : Tri Diah Aprilia
Editor : Syamsul Falaq

Kalau suku bunga turun, maka besar angsuran bulanan juga ikut turun. Dengan harga yang cukup terjangkau membuat masyarakat banyak yang minat untuk melakukan kredit.

- Meningkatnya daya beli

Menurunnya suku bunga membuat minat masyarakat lebih tinggi dalam pengajuan kredit. Angsuran yang ringan buat masyarakat berpenghasilan rendah berani terjun.

- Bertumbuhnya sektor properti

Dengan penurunan suku bunga, pertumbuhan sektor properti semakin meningkat. Sebab daya beli masyarakat jadi meningkat dan banyak perumahan yang laku.

Faktor yang mempengaruhi suku bunga :

- Tingkat penghasilan masyarakat

Tingginya pendapadatan seseorang akan tetap aman dalam pembayaran angsuran. Walaupun mengalami kenaikan suku bunga tapi tetap mampu dalam pembayaran angsuran kpr.

- Harga properti 

Naiknya harga properti tentu mengurangi minat masyarakat dalam pengajuan. Dengan begitu pengajuan terhadap kpr juga bisa menurun.

- Kebijakan dari pemerintah

Adanya subsidi dan program lain yang diberikan pemerintahan memberikan kelonggaran untuk semua orang. Kepemilikan rumah yang layak bisa dirasakan semua masyarakat Indonesia.


suku bunga kpr bank bumn dan kpr bank swasta-Dokumentasi Antara-

- Kondisi ekonomi

Terjadinya pertumbuhan ekonomi sampai inflansi akan berpengaruh terhadap pengambilan kpr. Hal ini akan mempengaruhi masyarakat dalam pengambilan program kpr.

BACA JUGA : Perbedaan KPR Subsidi Dan KPR Non Subsidi, Ini Penjabaran Lengkapnya

Kategori :