Borong 12 Parpol Maju Pilbup 2024, Mitha-Wurja Resmi Daftar ke KPU Brebes

Kamis 29-08-2024,14:30 WIB
Reporter : Syamsul Falaq
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Brebes Mitha-Wurja, resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum, Kamis (29/8/2024).

Dengan berjalan kaki, Paslon tersebut diantar ribuan pendukung dari 12 partai politik pengusung. Kedatangan paslon berjargon Bersama Mitha Wurja, Brebes Beres langsung diterima Komisioner KPU Brebes.

Ketua DPC PDI Perjuangan Brebes Indra Kusuma kepada awak media menyampaikan, pihaknya bersyukur karena rekomendasi PDI Perjuangan resmi diberikan kepada Paslon Paramitha Widya Kusuma dan Wurja. Apalagi, paslon ini didukung 12 parpol baik parlemen maupun non parlemen.

Yakni, 9 parpol meliputi PDI Perjuangan, PKB, Gerindra, Golkar, PKS, PAN, Demokrat, PPP, Nasdem. Sedangkan, 3 parpol non parlemen meliputi Perindo, PSI dan Partai Buruh. Dengan total perolehan 1.024.576 suara sah dari 12 parpol.

BACA JUGA : Hingga Jam Penutupan Hari Pertama, KPU Brebes Belum Menerima Pendaftaran Paslon Bupati-Wabup

"Dengan bergabungnya 12 parpol pengusung, baik parlemen maupun non parlemen. Insya Allah dipastikan calon tunggal, karena meski ada parpol lain non parlemen tapi perolehan suaranya tidak bisa memenuhi syarat pendaftaran," ungkapnya usai menyerahkan rekomendasi PDI Perjuangan.

Pernyataan serupa, disampaikan Juru bicara Paslon Mitha-Wurja, Teguh Wahid Turmudi sekaligus Ketua DPD Golkar menjelaskan, pihaknya bersama parpol lain sebagai pengusung mengantarkan Mitha Wurja untuk mendaftar ke KPU Brebes. Paslon Mitha Wurja, diusung semua parpol yang hadir di KPU Brebes, termasuk PDIP.

"Kemungkinan besar calon tunggal," katanya.

Menanggapi potensi calon tunggal, Paramitha Widya Kusuma didampingi Wurja mengatakan, hal itu sebagai dinamika politik di daerah karena setiap daerah berbeda. Tokoh politik di Brebes, menginginkan yang terbaik untuk masyarakatnya, dan mohon doanya.

BACA JUGA : Siap-siap, KPU Brebes Buka Pendaftaran Paslon Bupati-Wabup: Mulai 27-29 Agustus 2024

"Saya bersama Pak Wurja dari Gerindra berkolaborasi untuk kemajuan Brebes. Ini sudah melalui pertimbangan matang baik internal dan eksternal. Saat ini, yang terbaik untuk Brebes adalah berkolaborasi demi membereskan masalah - masalah. Kami ingin menjadi pimpinan untuk semua, bukan satu dua golongan saja," terangnya.

Sementara itu, Ketua KPU Brebes Manja Lestari Damanik menuturkan, hingga hari terakhir pendaftaran Cabup dan Cawabup Brebes. Baru ada satu palson yang mendaftar, yakni Mitha-Wurja. Namun, pihaknya akan tetap masih menunggu pendaftaran palson lain hingga pukul 23.59 WIB.

"Selain Mitha Wurja, belum ada pendaftar lain. Termasuk, belum ada yang memberi tahu lagi yang akan mendaftar. Tapi, kami tetap menunggu hingga nanti malam," ujarnya.

Manja Lestari menambahkan, jika sampai pendaftaran ditutup hanya ada satu palson yang mendaftar. Sesuai aturan, KPU akan memperpanjang waktu pendaftaran hingga tiga hari kedepan.

BACA JUGA : KPU Brebes Terjunkan 5.687 Pantarlih Gelar Coklit Data Pemilih Pilkada, Progres Sudah 46,34 Persen

Kategori :