Ingin Penggunaan Merek AC Terbaik Sepanjang Hari Tetap Hemat, Lakukan Tips Berikut

Selasa 27-08-2024,11:26 WIB
Reporter : Yuni Khaerunisa
Editor : Syamsul Falaq

Selain itu, juga bisa membantu AC dalam memberikan udara dingin dengan cepat sesuai dengan yang diinginkan dan tentunya bisa menghemat listrik karena beban AC yang tidak terlalu berat.

3. Hindari Menggunakan AC Saat Panas Terik

Meski memang tujuan membeli AC adalah untuk mendinginkan sebuah ruangan dengan tujuan agar kenyamanan tercipta di dalam ruangan.

Namun, jika kamu menyalakan AC pada saat kondisi di luar sedang panas terik, apalagi unit outdoor-nya terpapar panas sinar matahari langsung itu membuat kerja beban dari AC akan semakin tinggi.

Jadi, jangan heran juga jika kamu medengar suara dari unit outdoor semakin berisik. Tentu saja karena kerja pendingin ruangan yang terlalu bekerja ekstra.

Karena indoor AC berusaha untuk mendinginkan ruangan yang sudah panas ditambah dengan outdoor AC yang terkena panas juga. Hal ini tentu akan mempengaruhi konsumsi listrik.

BACA JUGA : Merek AC Terbaikmu Dinginnya Lama, Mungkin Hal Berikut Jadi Penyebabnya

BACA JUGA : 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Pakai Merek AC Terbaik Pintar, Cek Lengkapnya Disini

4. Rajin Menutup Pintu

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan dalam penggunaan merek AC terbaik agar bisa hemat listrik walaupun digunakan sepanjang hari adalah rajin menutup pintu ketika AC sedang menyala.

Hal ini perlu diperhatikan untuk semua pengguna jenis AC baik standard, low watt, ataupun jenis inverter. Pastikan kamu menutup pintu kembali setelah keluar atau masuk dalam ruangan.

Ini dilakukan supaya udara dingin di dalam ruangan bisa tetap stabil dan kerja kompresor tidak terlalu keras, sehingga daya listrik tidak meningkat.

5. Perhatikan Kebersihan AC

Kamu juga sering-sering perhatikan kebersihan dari AC itu sendiri seperti filter atau pencucian AC.

Kebersihan sebuah AC akan berpengaruh pada konsumsi listrik di rumah kamu. Jika debu atau kotoran yang menempel dibagian filter terlalu banyak dan tidak dibersihkan bisa membuat AC tidak bekerja maksimal.

BACA JUGA : Mau Beli Merek AC Terbaik, Simak 5 Jenisnya Wajib Kamu Ketahui, Pilih dengan Tepat

Kategori :