4 Masalah Merek Kulkas Terbaik Yang Sering Terjadi, Simak Penyebab dan Solusinya

Selasa 20-08-2024,18:42 WIB
Reporter : Yuni Khaerunisa
Editor : Syamsul Falaq

Masalah satu ini bisa disebabkan oleh remostat freezer yang rusak. Cara mengatasinya kamu bisa mengecek kondisi termostat dengan multimeter.

Jika memang benar termostatnya rusak, maka kamu perlu mengganti dengan yang baru. Selain itu, evaporator juga masih berperan penting untuk menentukan suhu pada merek kulkas terbaik.

BACA JUGA : Jangan Sembarangan, Berikut Penempatan Merek Kulkas Terbaik Ideal untuk Jaga Performanya

BACA JUGA : Simak Dampak Buruk Sering Lupa Tutup Pintu Merek Kulkas Terbaik, Jangan Diulangi

Jika evaporator kotor dan tersumbat, kamu bisa membersihkan evaporator tersebut dengan sikat halus. Kemudian, kamu juga perlu mengecek kipas evaporatornya yang berfungsi untuk mensirkulasikan udara dingin di dalam kulkas.

Apabila kipas evaporator rusak, maka kamu harus menggantinya. Pastikan juga memeriksa aliran udaranya.

Kondisi bunga es yang menumpuk juga bisa menjadi penyebab feezer tidak beku. Solusinya, kamu harus mencairkan bunga es tersebut supaya tidak menghalangi aliran udarannya.

3. Kulkas Mengeluarkan Bunyi

Bunyi pada kulkas itu sebenarnya hal yang wajar. Tidak selalu menandakan adanya kerusakan. Namun, beberapa bunyi dari kulkas ada yang perlu kamu waspadai.

Seperti bunyi gesekan, ketukan atau derakan. Karena hal tersebut bisa jadi menandakan adanya kerusakan pada kipas, kompresor, atau pipa freon.

Kamu harus memperhatikan jenis bunyi kulkas untuk menentukan penyebab bunyi tersebut. Pertama, perhatikan kapan buyinya itu muncul.

Apakah bunyi tersebut muncul pada saat kompresor menyala, saat pintu merek kulkas terbaik dibuka, atau saat proses defrost.

Kemudian kamu perlu periksa kulkas bagian dalam dan luarnya untuk melihat apakah ada kerusakan atau benda yang menghalangi kipas atau kompresor tersebut.

BACA JUGA : Merek Kulkas Terbaik Berteknologi IoT, Simak Cara Kerja dan Perbedaannya dengan Kulkas Biasa

BACA JUGA : 4 Ciri Penting Merek Kulkas Terbaik Milikmu Boros Listrik Berlebih, Simak Disini

4. Kulkas Nyetrum

Kategori :