Wisata Terbaru 2024: Nikmati Serunya Aktivitas Desa Wisata Nglanggeran Gunungkidul

Sabtu 17-08-2024,09:57 WIB
Reporter : Dikana Alfina
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com – Pernah dengar wisata terbaru 2024 Desa Wisata Nglanggeran? Kalau belum pernah dengar, objek wisata yang satu ini berada di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Destinasi wsata yang satu ini merupakan salah satu onjek wisata yang termasuk ke dalam kawasan Geosite Gunung Sewu. Geosite ini bahkan menyandang gelar sebagai UNESCO Global Geopark.

Oleh karena itu, kualitas destinasi wisata terbaru 2024 Desa Wisata Nglanggeran sudah tidak perlu diragukan. Pasalnya, desa wisata ini telah mengantongi penghargaan ASEAN Community Based Tourism (CBT) Award pada tahun 2017 dan 2018.

Penghargaan lainnya yang didapatkan oleh tempat wisata terbaru 2024 yang satu ini adalah Sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan oleh Kemenparekraf pada awal Maret 2021.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Pantai Ngrawe Gunungkidul, Pengalaman Baru dengan Tatanan Asri Sejuk

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Pantai Nglambor: Surganya Pecinta Snorkeling Gunungkidul

Lantas, dari beberapa penghargaan tersebut, apa yang membuat Desa Wisata Nglanggeran ini special dan wajib dikunjungi? Adakah aktivitas menyenangkan bagi wisatawan yang datang kesini? Simak di bawah ini.

Berburu Sunrise di Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran

Buat Anda yang suka wisata menantang dan memacu adrenalin, maka trekking sambil menikmati pemandangan sunrise di Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran bisa jadi pilihan alternatif.

Gunung Purba tersebut merupakan ikon dari Desa Wisata Nglanggeran yang sudah diakui oleh UNESCO melalui kawasan Geosite Gunung Suwu. Dari puncak gunung ini, Anda bisa melihat Gunungkidul dari ketinggian

Intip Destinasi Unik Nan Instagenic di Air Terjun Kedung Kandang

Di sekitar objek wisata terbaru 2024 yang satu ini ada air terjun instagenic dan menarik, namanya Air Terjun Kedung Kandang. Pemandanga di sekitar air terjun ini indah saat musim hujan, karena saat musim kemarau debit airnya kering.

BACA JUGA : Surga Tersembuyi Gunungkidul, Destinasi Wisata Terbaru 2024 Air Terjun Luweng Sampang

BACA JUGA : Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Gunungkidul Dengan View Pemandangan Pantai Indah

Pengunjung yang datang kesini akan dibuat takjub dengan air terjunnya yang terbentuk susunan batuan vulkanik bertingkat yang berada di tengah terasering sawah.

Air terjun ini sendiri berada di antara bentangan sawah hijau, sehingga udara yang ada di kawasan wisata ini sejuk. Dengan begitu, cocok untuk dijadikan rute trekking atau jalan santai saat pagi hari.

Belajar Budaya Seru Khas Desa Wisata Nglanggeran

Saat berkunjung ke tempat wisata terbaru 2024 Desa Wisata Nglanggeran, sempatkan untuk berbaur bersama warga lokal dan belajar budaya khas desa ini.

 

Di kawasan desa wisata ini, budaya ramah tamah serta karawitan dan reog mataram yang menjadi seni budaya kebanggaan masyarakat Desa Wisata Nglanggeran masih sangat kental.

Keseruan Bikin Cokelat Langsung di Tempat Produksinya

Desa Wisata Nglanggeran juga terdapa pusat oleh-oleh yang bernama Griya Cokelat Nglanggeran. Lokasinya dekat dengan Gunung Api Purba menjual aneka produk unggulan UMKM lokal berbahan dasar cokelat serta susu.

Hal menarik yang ada di tempat ini adalah juga memproduksi cokelat batang dari bahan hasil perkebunan warga lokal. Di sini, pengunjung juga mencoba sensasi seru melakukan proses pembuatan hingga mencicipinya langsung.

BACA JUGA : Sensasi Petualangan Baru di Gunungkidul, Berikut 5 Wisata Terbaru 2024, Pesonanya Mengagumkan

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Gunungkidul, Pesona View Pantai Jogja Dari Ketinggian

Tidak hanya cokelat batang saja, di pusat oleh-oleh ini juga tersedia dodol cokelat, minuman bubuk cokelat, susu cokelat, keripik pisang cokelat dan lainnya.  

Wisata Edukasi Ke Peternakan Kambing Etawa

Salah satu tempat wisata yang ada di Desa Wisata Nglanggeran yang sudah terkenal di kancah internasional adalah peternakan kambing etawa. Di sini, pengunjung bisa melihat proses pemerahan susu hingga siap konsumsi.

Fakta menarik soal susu kambing etawa, diantaranya berkhasiat untuk kesehatan seperti melancarkan sistem pencernaan dan menurunkan tingkat kolesterol.

Mampir ke Embung Nglanggeran

Berkunjung ke Desa Wisata Nglanggeran kurang puas jika tidak mampir ke Embung Nglanggeran. Waduk ini berfungsi sebagai sistem pengairan perkebunan warga sekitar.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Goa Langse Gunungkidul: Pesona, Historis, Fasilitas dan Rute Perjalanan

BACA JUGA : Healing Sambil Glamping, Berikut Spot Wisata Terbaru 2024 Gunungkidul

Embung Nglanggeran sendiri berada di ketinggian 495 mdpl sehingga pengunjung yang datang ke sini bisa melihat pemandangan desa dari ketinggian dengan latar pepohonan hijau dan Gunung Api Purba.

Kalau Anda ingin mendapatkan pemandangan yang sempurna, maka waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah sore hari. Pasalnya, Anda akan disuguhi dengan pesona matahari terbenam yang sangat cantik.

Nah, itulah beberapa kegiatan seru dan menyenangkan saat berada di objek wisata terbaru 2024 Desa Wisata Nglanggeran. Tertarik untuk mencoba keserusan yang ada di sini?.

Kategori :