20 Wajah Baru Anggota DPRD Siap Dilantik, Formasi Pimpinan Tetap : PDI P, Gerindra, PKB, Golkar

Kamis 15-08-2024,09:41 WIB
Reporter : Syamsul Falaq
Editor : Syamsul Falaq

BREBES, DISWAY JOGJA - Sebanyak 20 wajah baru dari total 50 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Brebes siap dilantik. Rencananya, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan digelar pada Rabu (21/8) mendatang. Bahkan, berdasarkan perolehan suara komposisi kursi pimpinan DPRD masih tetap yakni Ketua PDI Perjuangan, Wakil Ketua Gerindra, PKB dan Golkar.

Plt Sekwan DPRD Kabupaten Brebes Corina mengungkapkan, hingga kini pihaknya masih menunggu SK dari Bagian Otonomi Daerah (Otda) Pemprov Jateng. Setelah SK didapat, kata dia, pihaknya akan langsung melakukan berita acara untuk pelantikan.

"Sambil menunggu SK pelantikan Anggota DPRD 2024-2029, semua kesiapan teknis terus dimatangkan," jelasnya, Rabu (14/8).

Setelah SK diterima, kata Corina, pihaknya akan langsung menuntaskan semua persiapan. Kemudian, dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan anggota DPRD Brebes dipimpin langsung Ketua Pengadilan Negeri Brebes. Menurutnya, seluruh persiapan pelantikan sudah mendekati 100 persen untuk dilaksanakan.

BACA JUGA : Masuk Purna Tugas, Sekretariat DPRD Brebes Gelar Perpisahan Sekwan

"Jika dilihat dari komposisi 50 namanya, anggota DPRD Brebes sebanyak 30 nama merupakan petahana dan 20 merupakan wajah baru. Sedangkan, komposisi kursi Pimpinan DPRD masih ditempati PDI Perjuangan sebagai Ketua, Gerindra PKB dan Golkar menempati Wakil Ketua," ujarnya.

Seperti diketahui, perolehan kursi DPRD Brebes masih didominasi PDI Perjuangan dengan 12 kursi. Jumlah tersebut, turun dari pemilu legislatif 2019 lalu yang meraih 13 kursi. Disusul, PKB yang meraih 8 kursi turun dari capaian sebelumnya yang mendapat 9 kursi.

Kemudian, Partai Gerindra mengamankan 8 kursi dari sebelumnya 6 kursi. Sedangkan, Golkar tetap mempertahankan 7 kursi DPRD sama dengan perolehan pemilu legislatif 2019.

20 wajah baru Anggota DPRD Brebes Periode 2024-2029, yakni Moh. Faezal Atamimi, Kingking Trahing Kusuma, Febri Anggrianto, Nur Bintang, Muhamad Rizki Nurohman dan Zaenal Muttaqin dari PDI Perjuangan. Kemudian, Heru Irawanto dan H. Akhmad Ghufron Haryanto dari Gerindra.

Selanjutnya, Ade Apriyanto, Suwarno Hadi Saputra dan Fauzan Rasyid dari PAN. Disusul, Heri Agus Nur Rohman dan Tawid Andriyanto dari PKS. Selain itu, Agus Imam Burhanudin dari Golkar, H. Syamsul Falah dari Demokrat dan H. Subarkah dari Nasdem. Serta, Hj. Titin Lutfiatin dan Nafisatul Khoiriyah dari PKB.

BACA JUGA : Komisi I DPRD Brebes Bakal Awasi Pejabat Eselon II yang Baru Dilantik

Berikut, rekapitulasi hasil perolehan suara Anggota DPRD Brebes Periode 2024-2029 : Daerah Pemilihan I

1. Moch. Iqbal Tanjung (PKB)

2. H. Akhmad Rowi (Gerindra)

3. Moh. Faezal Atamimi (PDI P baru)

Kategori :