6 Penyebab Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Front Load Tidak Bekerja, Berikut Cara Mengatasinya

Rabu 14-08-2024,08:21 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Baju yang dalam keadaan basah selama berhari-hari akan rentan ditumbuhi oleh jamur dan bau baju tersebut  jadi t id ak sedap. Tetapi, kamu tidak  perlu resah sebab masalah ini dapat diatasi dengan cara menggunakan pengering pada merek mesin cuci  terbaik .

Fungsi dari pengeringan yang ada di merek mesin cuci terbaik membuat kadar air yang adai di pakaian jadi berkurang secara drastis setelah dicuci.   Hal itu tentu akan membuat baju men jadi cepat kering saat dijemur meski tidak terkena sinar matahari  langsung .

Sebaiknya kamu tahu cara kerja dari pengering merek mesin cuci terbaik dan penyebab pengering mesin cuci  yang  tidak  bisa  berputar supaya kamu bisa mengatasinya secara tepat ketika mengalami masalah tersebut.

Pemakaian merek mesin cuci terbaik bukaan depan (front load) memang praktis karena proses pengeringan dilakukan dengan otomatis ketika pencucian  telah  selesai.  Tetapi , pemakaian mesin cuci jenis ini juga bisa mengalami  kendala.

BACA JUGA : Tips Merawat Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Awet

Beberapa p enyebab p engering m esin c uci t idak bekerja :

1 . Timer pengering rusak

Kerusakan  yang terjadi pada timer pengering bisa disebabkan karena mesin cuci telah digunakan sejak lama sehingga membuat komponen pegasnya jadi getas.

Sementara  itu, risiko timer pengering mengalami ke rus a k an  juga lebih besar jika komponen yan ada di dalam mesin cuci sering diganggu oleh hewan semut dan kecoa.

2 . T ali rem pengering  rusak

Komponen rem pengering memiliki peran yang penting supaya dinamo yang berputar bisa berhenti secara konstan. Tali rem yang  sudah  putus akan menyebabkan dinamo tidak dapat berputar sehingga fungsi dari pengeringan mesin cuci akan terganggu.

BACA JUGA : Cara Mencuci Hijab Dalam Merek Mesin Cuci Terbaik

3 . Jumlah pakaian terlalu banyak

Kapasitas   muatan pada mesin cuci jangan  diabaikan karena bisa berpengaruh pada kinerja mesin cuci, termasuk  mempengaruhi  proses pengeringan.

Oleh karena itu , usahakan kamu tidak mencuci pakaian dalam jumlah  yang  berlebihan agar proses pengeringan  bisa  berlangsung  dengan  lancar.

4 . Pintu mesin cuci tidak tertutup dengan sempurna

Meskipun ini termasuk masalah kecil tapi  bisa membuat pengering mesin cuci jadi tidak bisa berputar. Karena ada beberapa jenis mesin cuci yang baru bisa dioperasikan apabila pintunya tertutup dengan sempurna .

Oleh karena itu, kamu harus merawat pintu mesin cuci dengan seksama. Jangan sampai terdapat debu atau kotoran  yang  lain nya  yang nempel di pintu mesin cuci sampai menghambat kinerja  dari mesin cuci.

BACA JUGA : 7 Kebiasaan Keliru Ketika Mencuci Pakaian pada Merek Mesin Cuci Terbaik

5 . Tenaga kapasitor melemah

Apabila  tenaga kapasitor mulai melemah, maka akan membuat kinerja pengering mesin cuci jadi terhambat sampai pada akhirnya tidak dapat berputar sama sekali. Masalah yang sama juga dapat terjadi apabila kapasitor terbakar.

6 . Dinamo mesin rusak

Keadaan  dinamo mesin yang mengalami kerusakan juga ikut membuat pengering mesin cuci jadi tidak berfungsi.

Berikut c ara m engatasi p engering m esin c uci  yang rusak atau tidak mau bekerja :

1.  B ersihkan pintu merek mesin cuci terbaik dengan cermat. Pastikan bahwa tidak terdapat debu,  kotoran,  atau kain yang tersangkut di pintu mesin cuci karena hal itu dapat menghambat kinerja pengering  mesin cuci .

2.   K urangi jumlah pakaian yang hendak dikeringkan. Angkat sebagian pakaian lalu lanjutkan proses pengeringan seperti biasa nya . Jika pengering berfungsi kembali secara normal setelah sebagian pakaian kamu angkat, artinya penyebab dari pengering mesin cuci yang tidak berputar yaitu karena kelebihan muatan.

BACA JUGA : Tips Mencuci Celana Jeans Dalam Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Tidak Mudah Lusuh

3.   G anti komponen mesin cuci yang  sudah  rusak, seperti kapasitor, tali rem,  timer , atau dinamo   agar pengering mesin cuci kembali berfungsi secara lancar.

Itulah beberapa penyebab dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi pengering merek mesin cuci terbaik front load tidak mau bekerja. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :