Tips Merawat Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Awet

Selasa 13-08-2024,19:59 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Tidak dapat dipungkiri kebutuhan mencuci baju di merek mesin cuci terbaik sehari-hari  semakin meningkat. Setiap kita aktivitas di luar rumah, pasti baju yang dipakai akan segera dicuci untuk meminimal kan adanya  penyebaran bakteri, kuman dan virus.

Oleh sebab itu , penggunaan merek mesin cuci terbaik yang lebih sering akan berpengaruh pada performa dari mesin cuci tersebut jika tidak dirawat dengan baik  dan benar  Lantas .

Pentingnya mengetahui hal-hal yang jadi  penyebab merek mesin cuci terbaikmu kurang awet dan cara merawat mesin cuci dengan benar , agar mesin cuci kamu tetap optimal.

Merek mesin cuci terbaik merupakan alat elektroni k  yang akan menurun fungsinya jika usianya sudah lama,  misal seperti masalah pada mesin cuci yang mengalami kebocoran atau rusak karena penggunaannya .

BACA JUGA : Bisa Dilakukan Sendiri, Berikut Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Bocor

Berikut p enyebab m esin c uci k urang a wet  :

1 . Menggunaan deterjen  yang  terlalu banyak

Pemakaian deterjen yang terlalu banyak untuk mesin cuci bisa menyebabkan penumoukan residu busa di dalam mesin cuci dan hal ini tentu tidak baik untuk mesin cuci bila dilakukan dalam jangka waktu lama.

2 . Jarang Dibersihkan

P enyebab utama mesin cuci kamu cepat rusak salah satunya yaitu karena adanya penyumbatan kotoran.Meski  tampak bersih, mesin cuci yang jarang dibersihkan akan mengakibatkan kotoran menumpuk pada bagian filter  mesin cuci .

Selain itu, sisa-sisa deterjen yang menumpuk bisa mempersingkat usia pakai mesin cuci.  Apabila  terlalu banyak pakaian yang dimasukkan  ke dalam mesin cuci , akan mengakibatkan pakaian tidak bisa tercuci secara maksimal karena terlalu banyak tumpukan pakaian di dalam nya .

3 . Memasukan terlalu banyak pakaian

T erlalu banyak pakaian yang dimasukkan ke dalam mesin cuci akan mengakibatkan mesin cuci jadi bekerja dengan terlalu keras.

BACA JUGA : Cara Mengeringkan Pakaian Pada Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Tepat

4.  Mencuci barang yang dapat merusak mesin cuci

B arang yang bisa merusak mesin cuci  seperti  barang  yang  berukuran besar, hal itu akan mengakibatkan mesin cuci jadi tidak bisa berputar dengan sempurna.

Berikut tips m erawat  m esin c uci supaya awet :

1 . Gunakan deterjen secukupnya

Mesin cuci yang high efficiency hanya memerlukan deterjen sedikit untuk melakukan proses pencucian dengan maksimal. Jadi, mulai sekarang kamu gunakan deterjen secukupnya  supaya tidak banyak sisa deterjen yang mengendap  di mesin cuci  dan pakaian kamu juga akan tercuci secara sempurna.

2 . Bersihkan secara berkala

Kamu  harus membersihkan  mesin cuci secara berkala  u ntuk menghindari kotoran an sisa deterjen  yang menumpuk .

Caranya Isi tabung mesin cuci dengan air secukupnya kemudian tekan mode cleaning untuk membersihkan tabung dengan otomatis.

B agian lainnya yang harus  dibersihkan yaitu filter  mesin cuci . Bersihkan setidaknya  2 minggu sekali untuk menghilangkan kotoran, noda, dan jamur  yang menempel di filter.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Berputar

3 . Jangan mencuci barang yang bisa merusak mesin cuci

B arang yang bisa membuat mesin cuci rusak dan membuat barang itu sendiri  rusak yaitu  pakaian yang ber ahan wol, pakaian  yang   ber motif renda, bantal, dan barang yang memiliki ukuran raksasa.

4 . Hindari memasukan pakaian terlalu banyak

Alangkah lebih baik kamu  masukkan pakaian ke dalam mesin cuci secara bertahap. Selain itu, ketika kamu mencuci pakaian secara bersamaan, jangan lupa untuk memisahka pakaian berdasarkan  dengan bahan dan warna untuk memudahkan  proses pencucian.

5 . Taruh mesin cuci di lokasi yang tepat

Jangan meletakkan mesin cuci di tempat yang bisa terkena air hujan dan paparan sinar matahari secara langsung. Kamu wajib menaruh mesin cuci di ruangan yang datar, kondisinya kering, dan tidak terkena matahari langsung untuk memperpanjang usia   mesin cuci.

BACA JUGA : 7 Kebiasaan Keliru Ketika Mencuci Pakaian pada Merek Mesin Cuci Terbaik

Itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti dalam merawat merek mesin cuci terbaik kamu agar awet dan tidak cepat rusak. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :