Tips Merawat Merek Mesin Cuci Terbaik Bukaan Depan

Kamis 08-08-2024,13:57 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Salah satu model merek mesin cuci terbaik yang banyak diminati oleh masyarakat yaitu mesin cuci bukaan depan  atau front loading.

Model merek  mesin cuci  terbaik  ini diklaim lebih praktis bagi orang yang tinggal di rumah yang memiliki ukuran luas yang terbatas.

Karena pada bagian atas merek mesin cuci terbaik bukaan depan bisa dimanfaatkan untuk meletakkan berbagai macam produk pembersih    pakaian.

Perbedaan merek mesin cuci bukaan depan dan atas yaitu terletak di pintu tabungnya. Pada mesin cuci bukaan depan, pintu tabungnya ada di depan dan jumlah tabungnya cuma 1 . Sedangkan , mesin cuci bukaan atas pintu tabungnya ada di bagian atas, dan ada yang 1 tabung dan 2 tabung.

BACA JUGA : Cara Ampuh Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Benar

Berikut t ips m erawat m esin  c uci b ukaan  d epan  :

1.  Buka pintu secara hati-hati

Pastikan kamu selalu hati-hati ketika membuka dan menutup pintu pada mesin cuci. Apabila kamu membuka atau menutup pintu nya  terlalu kencang, bisa jadi  pintu nya akan cepat rusak.

Sehingga ,  kamu  cukup mem buka pintu nya secara hati-hati dan jangan sampai membanting atau pun  mendorongnya dengan terlalu keras ketika ditutup.

2.  S etelah mencuci, s ek a  kaca dan pintu karet  mesin cuci

Dalam melakukan perawatan terhadap mesin cuci, kamu juga perlu p erhatikan pada bagian kaca dan karet pintu nya . Keduanya harus kamu bersihkan secara berkala supaya tidak timbul jamur.

Caranya cukup mudah  yaitu tiap telah selesai mencuci pakaian, seka pada bagian kaca dan pintu karet nya  dengan menggunakan kain lap  yang  kering.

3.  Lakukan proses pembersihan

Setiap  sudah selesai mencuci dan membilas pakaian, kamu lakukan proses pembersihan pada mesin cuci. T abung mesin cuci diisi dengan air dan tablet cuci tabung atau pun  pemutih, kemudian hidupkan mesin cuci untuk membersihkan tabung  mesin cuci . Jangan lupa , lap bagian luar mesin cuci supaya tidak kotor dan tidak berdebu.

BACA JUGA : 5 Tips Memilih Merek Mesin Cuci Terbaik Awet Dan Berkualitas

4.  Bersihkan laci detergen

Terk adang sisa dari detergen ada yang tertinggal dalam laci penyimpanan. Oleh sebab itu, laci juga harus untuk dibersihkan dengan rutin.

Caranya  membersihkannya yaitu  lepas laci detergen  tersebut , kemudian sikat dengan menggunakan sikat gigi bekas untuk menghilangkan sisa -sida detergen dan serat kain. Lalu bilas laci  tersebut , kemudian keringkan.

5.   Cek saluran pembuangan air

Periksa saluran pembuangan air pada mesin cuci untuk memastikan  bahwa  tidak terdapat sumbatan. Selain itu, tiap kamu ingin melakukan pencucian, periksa isi kantung baju dan celana kamu, lalu keluarkan isinya.

Pastikan tidak terdapat benda kecil yang memiliki potensi dapat menyumbat saluran pembuangan air di mesin cuci.

Berikut c ara m embersihkan k aret p intu pada merek m esin c uci terbaik b ukaan d epan  :

Siapkan a lat-alat berikut ini :

-  Pemutih pakaian

-  Kapas

-  Baskom atau mangkuk

-  Sikat gigi bekas

BACA JUGA : Tips Menggunakan Merek Mesin Cuci Terbaik Masih Baru

Cara membersihkan:

-  Tuang kan  pemutih sebanyak sekitar 50 ml ke dalam baskom atau pun  mangkuk.

- Rendam kapas dalam jumlah banyak ke dalam pemutih yang ada di dalam wadah. Pastikan kapas tersebut terendam sampai basah.

- Tempel kapas yang telah direndam tersebut ke semua permukaan karet yang sudah kotor atau pun  berjamur. Cek juga di bagian bawah karet caranya dengan ditarik. Apabila terlihat terdapat kotoran atau jamur, tempel kapas pada bagian tersebut. Biarkan kapas menempel di permukaan karet pintu mesin cuci selama semalam.

BACA JUGA : 5 Tips Menggunakan Merek Mesin Cuci Terbaik Otomatis

- Besoknya , kamu lepas kapas tersebut dari karet mesin cuci. Biasanya k otoran dan jamur akan terangkat secara  sendirinya.

- Bersihkan lagi karet pintu mesin cuci dari s isa  kapas yang menempel dengan  menggunakan  sikat gigi bekas.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk merawat merek mesin cuci terbaik bukaan depan dan cara membersihkan karet pintunya. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :