Cara Memperbaiki Listrik Langsung Jeglek Saat Merek Kulkas Terbaik Dinyalakan, Ini Penyebabnya

Selasa 06-08-2024,10:35 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Pasti d ari berapa banyak pengguna merek kulkas terbaik di dalam rumah tangga pernah mengalami sebuah ko ndisi dimana ketika  kulkas dinyalakan ,  maka  saat itu juga  langsung jeglek   listrik dari kwh meter.

Biasanya memang ketika  menyalakan  merek  kulkas terbaik kondisi listrik nya  tidak  akan  jeglek dan akan normal saja  keadaan  listriknya, namun  ada saatnya  terjadi masalah  kerusakan pada kulkas yang dinyalakan listrik nya  langsung jeglek.

Listrik rumah yang langsung jeglek ketika merek  kulkas terbaik dinyalakan asalnya bisa  dari  keadaan listrik rumah kamu terlalu kecil dan juga pe makaian  peralatan listrik terlau banyak, serta   alat-alat elektronik yang menyala secara bersamaan dengan kulka s.

BACA JUGA : Penyebab Merek Kulkas Terbaik Tidak Dingin Dan Tidak Bunyi

Keadaan  seperti ini bisa dipastikan bahwa kerusakan sumbernya  dari rangkaian yang terdapat  di dalam  merek  kulkas terbaik sedang bermasalah, baik  itu  dari  bagian kompresornya atau konslet pada komponen overload atau relay.

P enyebab dari kerusakan listrik yang langsung jeglek saat merek kulkas terbaik dinyalakan memang ber macam-macam , untuk penjelasannya  di bawah ini bisa kamu simak dan pahami dengan baik, agar kamu bisa melakukan penanganan hang tepat.

BACA JUGA : Penting Diperhatikan, Ini Suhu Normal Merek Kulkas Terbaik 1 Pintu

Berikut beberapa hal yang jadi p enyebab listrik di rumah kamu langsung jeglek ketika kamu men ghidupkan kulkas  :

-   R uma h kamu memiliki daya listrik yang  terlalu kecil dan alat  elektronik di rumah yang digunakan terlalu banyak

-   Terdapat k erusakan  yang terjadi   di bagian kompresor kulkas

-  Jalur kabel yang ada pada rangkaian kompresor kulkas mengalami konslet

-  Kulkas kamu tidak  dipasang i ragkaian soft start atau  juga  stabilizer  yang gunanya  mencegah arus listrik start awal yang cukup besar supaya   listrik di rumah kamu tidak jeglek

-  Kerusakan komponen yang ada pada  rangkaian kulkas , seperti  timer , overload,   relay, dan thermostat

Dari beberapa   penyebab umum dari kerusakan listrik yang langsung jeglek saat kulkas di hidupkan .  Terdapat  beberapa langkah yang dapat   kamu lakukan untuk memperbaikinya.

BACA JUGA : Cara Membuang Air Di Belakang Merek Kulkas Terbaik Dengan Benar

Berikut c ara memperbaiki listrik langsung jeglek ketika  kulkas  kamu  dinyalakan  :

L angkah untuk me meriksa  kerusakan pada  bagian atau komponen apa jika  terjadi kerusakan berupak listrik langsung jeglek saat merek kulkas  terbaik dinyalakan :

-   Amati di  bagian belakang kulkas yang terdapat  kompresornya, keberadaannya ada  di belakang bagian bawah kulkas

-   K abel   dari kompresor yang terhubung dengan overload dan relay dilepas, keberadaannya yaitu menempel di   bagian body kompresor

-  Setelah  sudah  terlepas, coba lah kamu nyalakan kulkas  tersebut   kembali

-   Ketika  kulkas kamu telah  dicolokan pada  listrik dan k eadaan listrik di rumah kamu tidak jeglek lagi , itu artinya  kerusakan tersebut berasal dari kompresor pada kulkas tersebut

-   Namun   apabila   saat kulkas kamu dinyalaan  tapi  lsitrik nya masih saja jeglek ,   itu berarti ada kerusakan  terjadi   pada  bagian lain seperti relay, overload, atau kerusakan yang asalnya dari  komponen thermostatnya .

-  Lakukan pe meriksaan  satu persatu ,  mulai dari komponen overload, relay, thermostat dan kompresor dengan memakai  alat multitester

BACA JUGA : 5 Penyebab Merek Kulkas Terbaik Samsung 2 Pintu Tidak Dingin

Berikut c ara mengatasi listrik supaya tidak jeglek ketika kamu akan  menyalakan kulkas  :

-   Kamu bisa gunakan tambahan alat seperti stabilizer atau  juga  soft start, supaya ketika  start awal kulkas tidak akan men yebabkan  listrik di rumah kamu jeglek

-   Harus dilakukan secara rutin periksa  kebersihan  di bagian belakang dari kulkas yang terlihat  komponen kompresornya

Itulah beberapa penyebab dan cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki listrik yang tiba-tiba langsung jeglek saat merek kulkas terbaikmu dinyalakan. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :