Simak Penyebab Merek AC Terbaikmu Keluarkan Bau Gosong, Begini Cara Mengatasinya

Senin 05-08-2024,18:40 WIB
Reporter : Penta Daniel Pratama
Editor : Syamsul Falaq

Faktor lain yang bisa jadi penyebab AC mengeluarkan bau seperti terbakar terjadi ketika komponen AC terlalu panas. 

Ketika komponen-komponen dalam sistem AC mencapai suhu yang sangat tinggi, terutama jika ada debu atau kotoran yang menempel pada mereka, ada potensi bagi debu atau kotoran tersebut untuk terbakar atau menghasilkan bau yang tidak sedap.

3. Filter AC Tersumbat

Selain komponen AC terlalu panas, filter yang tersumbat juga menjadi faktor yang menyebabkan merek AC terbaik menjadi bau gosong. 

BACA JUGA : Jangan Sepelekan, Ketahui Tanda Berikut Jika Freon Merek AC Terbaik Sudah Habis

Ketika filter AC tersumbat, aliran udara yang masuk ke dalam unit AC menjadi terhambat, yang pada gilirannya dapat menyebabkan penumpukan debu atau kotoran di dalam sistem.

Ketika AC dinyalakan, panas dari komponen yang beroperasi dapat menyebabkan debu atau kotoran yang terperangkap di dalam filter untuk terbakar atau menghasilkan bau yang tidak sedap. 

Bau tersebut sering kali dianggap sebagai bau gosong atau bau yang tidak enak.

4. Freon Bocor

Ketika freon bocor dari sistem AC, kontak dengan panas dari komponen yang beroperasi dapat menyebabkan freon terbakar atau menghasilkan reaksi kimia yang menghasilkan bau gosong yang tidak sedap. 

Ini bisa terjadi karena freon bereaksi dengan panas dari motor kompresor atau bagian lain yang panas dalam sistem AC, menghasilkan bau yang sering kali dianggap sebagai bau kimia yang tidak sedap.

5. Kabel Konslet

Terakhir, faktor penyebab AC menimbulkan bau tidak sedap adalah kabel yang konslet. 

BACA JUGA : 7 Istilah Penting Merek AC Terbaik Wajib Kamu Pahami, Jangan Ada yang Terlewat

Jika bau gosong ini berasal dari kabel yang konslet maka perlu penanganan yang serius oleh profesional karena berbahaya.

Cara Mengatasi AC Bau Gosong

Kategori :