Konservasi Budaya Lewat Festival Lomba Tari Ramayana

Senin 05-08-2024,08:46 WIB
Reporter : Tri Diah Aprilia
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA – Dilansir dari halaman resmi Portal Berita Pememerintah Kota Yogyakarta, Ramayana Purawisata sudah berjalan 48 tahun. dan pejabat walikota Yogyakarta memaparkan pentingnya konservasi budaya.

Adanya konservasi budaya tehadap tari Ramayana bisa menunjang pariwisata joga, tutur Wali kota Yogyakarta. Selain melestarikan kebudayaan, festival itu bertujuan agar muda mudi kenal akan sejarah.

BACA JUGA : Keren, Ratusan Pelayang Unjuk Ekspresi Seni dan Kemahiran di Jogja International Kite Festival

Dengan tari Ramayana bisa jadi pendongkrak kebudayaan tetap berjalan baik. Termasuk konservasi budaya untuk generasi muda yang akan jadi penerus bangsa.

Walaupun tanpa dialog, pertunjukkan tari Ramayana sebenarnya sudah berjalan dari tahun 1961. Dan sampai sekarang konservasi budaya masih terus dilakukan sebagai tarian khas Yogyakarta.

Cerita dari tari ramayana

Terkenal dengan cerita yang mendalam dengan tema klasik India, tari Ramayana disajikan dengan unik. Gabungan dari musik, drama, tarian, sampai kostum yang lengkap.

Sampai sekarang tari Ramayana menjadi konservasi budaya Yogyakarta yang cukup dikenal dunia. Gak heran banyak turis yang turut menyaksikan pertunjukan resmi di Prambanan Jogja.

Terkenal dengan tarian yang diadopsi dari India, sudah dibalut budaya Jawa, cerita jadi lebih lokal. Memperlihatkan banyak makna baik untuk manusia yang hidup di dunia penuh terpaan.

Tema dan nilai dari tari ramayana

Menceritakan tentang perjalanan Rama, banyak nilai moral dalam ceita tari Ramayana. Bantu mengembangkan perdamaian dunia dengan pemberantasan dari kerakusan manusia.

Moral yang bisa dipetik dari cerita Ramayana yaitu perlunya mawas diri, rela berkorban, menciptakan rasa hormat. Ada juga pengorbanan, cinta, taat, sabar, sampai kesucian diri yang wajib dijaga.

Beragam makna bisa terlihat dalam tari Ramayana, seperti nilai ke Tuhan an, kemanusiaan. Termasuk dengan keharmonisan, dan juga sadar diri untuk terus melangkah dalam kebaikan.

Hal yang bisa di petik dari tari Ramayana adalah lakukanlah hal yang memang benar. Kebenaran akan selalu menang dari sisi manapun, sebab Tuhan turut andil dalam langkahnya.

BACA JUGA : Promosikan Judi Online, Enam Influencer di Jogjakarta Terancam Penjara 9 Tahun

Kategori :